-->

PUBLIKASI DAN MEDIA-MEDIA INFORMASI

Publikasi merupakan bagian terpenting di ruang lingkup public relations.Tujuan dari publikasi adalah untuk menciptakan minat orang pada produk, ide, organisasi, juga memusatkan perhatian terhadap sesuatu. Akibat adanya publikasi informasi ada dua kemungkinan yaitu menguntungkan atau merugikan pihak yang melakukan publikasi.Fungsi publikasi yang perlu kita ketahui adalah publikasi yang berfungsi menginformasikan kegiatan dan menginformasikan dakwah. Berikut beberapa teknik publikasi yaitu:
1. An emotional appeal, contohnya memanfaatkan kasih sayang orang tua kepada anaknya untuk pembelian suatu produk
2. Attention- greeting headline, kepala berita yang berhasil akan membuat pembaca untuk membaca seluruh isi berita
3. Slogans, slogan yang bagus akan mudah untuk diingat dan masuk dalam pemikiran seseorang
4. Product characters, ini akan memudahkan orang untuk mengenal sesuatu yang dipublikasikan
5. Testimonial, yaitu menggunakan tokoh-tokoh terkenal sebagai iklan atas pendapat mereka terhadap produk tertentu.
6. Repetition, pengulangan dengan maksud agar publikasi itu dapat ditangkap oleh pembaca.

Langkah-langkah dalam melakukan publikasi adalah:
1. Menentukan apa yang akan dipublikasikan, rumusan sederhana publikasi adalah kegiatan bagus ditambah publikasi yang efektif akan menghasilkan respon yang optimal.
2. Mencari ide yang tepat, dengan maksud membuat publikasi kelihatan lebih menonjol, ide biasa disebut dengan tema. Tema yang tepat menjadi tanda bahwa arah yang dituju sudah benar
3. Menulis naskah publikasi yang bagus, kata-kata yang banyak tidak menjamin pesan publikasi akan diterima dengan baik, lebih baik menggunakan katakata singkat seperti kata-kata sifat.
4. Memproduksi publikasi, produksi publikasi yang kreatif dan menarik akan lebih banyak respon yang dihasilkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat publikasi yang efektif yaitu
1. Buat headline yang menarik, headline merupakan bagian yang terlihat oleh pembaca. Fungsinya untuk menarik minat target publikasi untuk membaca.
2. Isi lengkap namun ringkas, sebuah publikasi semua informasi disampaikan dalam isi. Publikasi hendaknya lengkap dan detail. Contoh publikasi sebuah acara maka, publikasi harus tercantum acara apa, kapan, dimana dan kontak person. Untuk publikasi produk hendaknya menggunakan gambar illustrasi produk tersebut sangat penting.
3. Bahasanya disesuaikan dengan target konsumen, bahasa yang digunakan hendaknya familiar dan mudah dimengerti oleh target publikasi. Jika target belum mengerti dengan bahasa Inggris jangan sekali-kali menggunakannya.
4. Illustrasi desainnya, illustrasi berfungsi untuk menajamkan mansud publikasi dan menarik minat pembaca. Contoh publikasi dibuat untuk menjual produk maka perlu gambar produk yang akan dijual.
5. Pemilihan huruf yang tepat, pilihan huruf dalam publikasi hendaknya mudah dibaca dan simple, huruf merupakan komponen penyusun informasi yang disampaikan dalam publikasi.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment