Media-Media Informasi
Dalam menjalaskan tugas public relations
menggunakan media-media informasi untuk menyampaikan pesan kepada
publik.Kata media merupakan bentuk jamak dari medium yang berarti
perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju
penerima.Sedang informasi seperti yang telah dipelajari merupakan hasil
dari pengolahan data yang berguna sebagai pengetahuan atau dasar
pengambilan keputusan. Maka pengertian media informasi adalah alat
untuk mengumpulkan dan menyusun kembali sehingga sebuah informasi
menjadi bahan yang bermanfaat bagi penerima informasi.
Media-media informasi terbagi menjadi bebarapa kelompok antara lain:
1.
Media lini atas, merupakan media yang tidak langsung bersentuhan dengan
target audien dan jumlahnya terbatas tetapi jangkauan target yang luas,
seperti billboard, iklan televise, iklan radio, dll. 2. Media lini
bawah, suatu media iklan yang tidak disampaikan atau disiarkan melalui
media massa dan jangkauan target hanya berfokus pada satu titik atau
daerah, seperti brosur, poster, flyer, sign system, dll
Dilihat dari bentuk terdapat dua jenis media informasi yaitu:
1. Media cetak, media ini dapat berupa brosur, koran, majalah, poster, pamphlet, spanduk, dll
2. Media elektronik, dapat berupa radio, kaset, kamera, handphone dan internet.
0 komentar:
Post a Comment