-->

COMPANY PROFILE

Company profile merupakan penjelasan perusahaan mengenai produk secara verbal maupun grafik yang mengangkat nilai perusahaan dan nilai produk. Keunggulan perusahaan dibandingkan pesaing disampaikan berdasarkan kedua nilai tersebut. Nilai-nilai perusahaan tersebut tercantum dalam beberapa hal berikut:

1. Sejarah berdirinya, sejarah berdirinya usaha menggambarkan pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan maupun konsumen mengenai dasar dan landasan usaha ini berdiri. Apakah cukup kuat secara pengalaman dan keutuhan individu yang terlibat didalamnya.

2. Visi dan Misi Usaha, visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh berdirinya usaha dalam jangka panjang dengan kata lain, perusahaan dalam periode tertentu ingin menjadi perusahaan seperti apa? Misi merupakan caracara yang digunakan usaha dalam mencapai visi usaha.Misi dapat berupa penyataan kalimat atau kata yang mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai misi dalam mencapai tujuan perusahaan.

3. Struktur organisasi,berisi susunan/hirarki tanggungjawab pekerjaan dalam perusahaan berikut nama individu pada masing-masing pekerjaan. Kegunaan struktur organisasidalam company profile adalah agar konsumen atau pihakpihak lainyangbekerjasama dengan perusahaan dapat mengetahui secara tepat orang yang akan berhubungan dengan mereka dalam pekerjaan ataupun masalah.

4. Kinerja Perusahaan, pengalaman pekerjaan terdahulu yaitu pengalaman dalam menangani pekerjaan dapat dilakukan secara verbal/tuisan maupun visual/gafik dengan menampilkan dokumentasi foto/video hasil pekerjaan, laporan keuangan perusahaan tersebut. Jika company profile dibutuhkan dari segi keuangan seperti untuk investasi/saham atau kerjasama lembaga keuangan maka laporan keuangan diperlukan.dan company profile hanya ditampilkan dalam media print tidak dalam media lain atau media televisi.

Product value (nilai-nilai produk/servis) perusahaan dapat dicerminkan dalam faktor-faktor marketing mix khususnya 7P yaitu Product, Price, Promotion, Placement, People, Process dan Physical Evidence.
• Product, strategi bagaimana produk usaha dapat menarik hati konsumen untuk membeli. Produk dapat digolongkan berdasarkan mutu/kualitas, ukuran, desain, kemasan dan kemanfaatan yang lebih dibandingkan produk lain
• Price, bagaimana supaya produk dari segi harga lebih menarik bagi konsumen. Harga murah itulah yang disukai konsumen, dasar yang membedakan dari segi harga misalnya harga satuan dan grosir, syarat pembayaran, diskon/ potongan harga, sistem buy 1 get 1 free.
• Promotion, strategi bagaimana produk kita dikenal konsumen yaitu melalui, iklan, sales promotion, personal selling, Public Relations itu sendiri
• Placement, cara mendistribusikan produk sampai ke tangan konsumen
• People, kriteria sumberdaya manusia yang secara umum dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung maupun tidak langsung
• Process, proses usaha yang dapat menarik konsumen pada produk kita, baik proses produksi maupun proses layanan terhadap konsumen.
• Physical Evidence, penampilan fisik serta keadaan dari fasilitas pendukung dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen, seperti tempat yang menarik dan bersih untuk restoran, hotel, vila.
Dengan mengidentifikasi 7 point tersebut maka perusahaan dapat menentukan keunggulan perusahaan dengan pesaing, dan ini bisa menjadi selling point dalam company profile khususnya yang menyangkut produk/servis.

Dalam pembuatan company profile dibutuhkan sumber daya manusia yang berkerja dalam tim antara lain:
1. Bagian konsep dan pengembangan, tugas pada bagian ini meliputi
2. Penelitian lapangan, analisa media dan account executive (penghubung  antara perusahaan dan pembuat company profile
3. Bagian kreatif dan produksi, tugas-tugas pada bagian ini meliputi fotografer, kameramen, penulis skenario, editor, artist, dan pendukung produksi

Tahapan pembuatan company profile adalah sebagai berikut:
1. Pemahaman akan produk atau service,
Pembuat company profile harus memahami product value dari perusahaan dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut umumnya pembuat company profile diberikan pemahaman/penjelasan oleh perusahaan mengenai produk mereka dan perbandingannya dengan produk pesaing. Tidak tertutup kemungkinan dalam proses pemahaman ini pihak pembuat company profile dapat menemukan hal-hal lain dalam product value yang belum diketahui oleh perusahaan serta kemungkinan hal tersebut dapat menjadi ”selling point” perusahaan dalam company profile
2. Pemilihan media penyampaian company profile, media penyampaian secara umum adalah media print/ cetak dan media broadcast (TV, radio, internat, dll).
Pemilihan media dengan mempertimbangkan:
• Kesesuaian dengan produk dan target konsumen
• Anggaran yang tersedia
• Banyaknya model pesan yang akan disampaikan
3. Pengaturan dana pembuatan company profile

Kegiatan dalam pembuatan company profile dibedakan atas:
1. Kegiatan pra produksi, kegiatannya mencakup pemahaman materi company profile, penyusunan konsep materi company profile, penyusunan skenario atau story board untuk company profile pada media broadcast
2. Kegiatan pasca produksi,kegiatannya mencakup pengeditan materi company profile disesuaikan dengan keterbatasan media yang digunakan, pembuatan hardcopy dan soft copy materi company profile dan penyampaian materi company profile kepada media penayangan company profile khususnya televisi dan broadcast



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment