FUNGSI BAHASA INGGRIS DALAM BIDANG PUBLIC RELATIONS
Kemampuan bahasa seorang pelaku PR merupakan kompetensi penting yang harus dikuasainya baik itu secara lisan maupun tertulis. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tentulah merupakan satu unsur penting yang harus dimiliki seorang pelaku PR dalam mejalankan tugas dan perannya. Kemampuan seorang pelaku PR untuk melakukan presentasi tentang produk dan informasi suatu perusahaan akan menentukan citra pelanggan terhadap perusahaan dan ini akan berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan itu sendiri. Presentasi biasanya dilakukan karena beberapa alasan antara lain sebegai media promosi, mentoring dan pelatihan, rapat dan briefing, pertemuan perencanaan bisnis dan konferensi.
Langkah pertama dalam mempersiapkan sebuah presentasi adalah identifikasi logistik yang relevan dengan apa yang akan disampaikan. Logistik yang dimaksud disini adalah segala sesuatu secara detail yang diperlukan untuk dapat dinyatakan sehingga presentasi terjadi sesuai dengan rencana atau pencapaian tujuan yang ditentukan. Logistik tersebut antara lain;
- Tanggal dan waktu presentasi
- Lamanya presentasi
- Lokasi atau ruangan yang digunakan
- Isi atau topic presentasi
- Bentuk presentasi
- Tujuan presentasi
- Konteks presentasi
- Prasyarat presentasi
Hal yang sangat penting yang harus disadari dalam presentasi adalah :
- Keefektifan dan keberhasilan sebuah presentasi diputuskan saat sebelum presentasi (mencakup jumlah dan kualitas perencanaannya)
- Jika kita gagal merencanakan, kita merencanakan untuk gagal. Ini pepatah yang cukup lama namun itulah yang sebenarnya akan terjadi.
- Presentasi tanpa kecermatan akan tidak fokus, dan akan gagal “tidak hanya pada tujuan tapi pada semua kebaikan”.
- Isi presentasi harus berlandaskan pada kenyataan/teori, bukan hanya pada pendapat.
- Kegagalan presentasi akan selalu dikembali pada perencanan, penelitan/ pengamatan dan persiapannya.
0 komentar:
Post a Comment