Menghadapi Perbedaan
Menghadapi Perbedaan
Di manapun kita berada kapan waktunya dan dengan siapapun kita bersama, kita pasti menjumpai perbedaan di dalamnya, dan hal itu tidak dapat dihindari. Kalau kita keliru dalam melihat dan menilai perbedaan yang ada, maka siapapun dan apapun yang berbeda dengan kita akan bertentangan dan menjadi musuh kita, sebaliknya, kalau kita mampu menerima setiap perbedaan yang ada, maka sebenarnya dua hal (dua sifat) yang berbeda itu dapat menjadi pasangan yang baik yang saling melengkapi. Oleh karena itu, kita dituntut untuk dapat menerima dan menghayati arti dari setiap perbedaan yang ada, jelaslah bahwa semua itu tergantung dari bagaimana kita menilai dan menerimanya. Ia tentu akan menjadi sesuatu yang selalu mengacaukan setiap keadaan jika kita salah menilai dan menerimanya, tetapi ia akan menjadiPenting Unsur Yin ada untuk melengkapi unsur Yang, pria tidak akan berarti tanpa seorang wanita begitupun sebaliknya, maka jika kita salah dalam menilai dan menerimanya akan menghasilkan sesuatu yang selalu bertentangan sesuatu yang dapat menyelaraskan setiap keadaan jika kita dapat menilai dan menerimanya dengan benar.
Naluri Menolak Perbedaan
Pemikiran manusia selama ini sudah terpaku untuk sulit menerima sebuah perbedaan. Sesuatu yang berbeda dianggap tabu, perbedaan mengakibatkan permusuhan/pertentangan dan bentrokan-bentrokan. Satu hal yang mungkin membuat kita menjadi sangat takut akan sebuah perbedaan yaitu, karena naluri kita membuat kita takut sesuatu yang berbeda itu akan mengancam posisi kita, dapat menghimpit dan bahkan memusnahkan kita. Pada akhirnya, sikap dipensif kita tersebut membuat kita memberontak ingin menghancurkan sesuatu yang berbeda itu terlebih dahulu sebelum hal yang sebaliknya terjadi. Selama sikap itu mendasari pemikiran kita, selama kita tidak dapat menerima sebuah perbedaan, selamanya kita akan menghambat diri kita untuk mencapai kemajuan dan kedewasaan diri sendiri. Sudah saatnya kita merubah cara pandang kita terhadap sebuah perbedaan. Bagaimanapun hidup manusia tidak akan bisa lepas dari perbedaan, karena setiap individu itu unik sifatnya. Perbedaan tidak selayaknya dihapuskan/dimatikan, bahkan sebaliknya harus dilestarikan. Tanpa sesuatu yang berbeda niscaya hidup ini terasa sangat monoton dan membosankan. Perbedaan tidak dapat dijadikan alasan untuk menciptakan perselisihan. Selama ini manusia sangat takut untuk menjadi individu yang berbeda dari kelompok lingkungannya di mana ia tinggal. Ketakutan itu timbul karena ia merasa menjadi sesuatu yang berbeda berarti masuk ke dalam kelompok yang ’minoritas’ dan hal yang selama ini terjadi, bahwa kelompok minoritas selalu ditekan dan selalu terancam. Jadikanlah perbedaan itu sebagai suatu berkah, dan memang perbedaan itu membuat segalanya menjadi indah bervariasi.Menuju Keharmonisan
Sebuah Hubungan Kesadaran akan adanya perbedaan di antara sesama manusia adalah langkah awal untuk dapat menciptakan hubungan yang harmonis. Suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri bahwa manusia dalam hidupnya sebagai makhluk sosial tidak dapat tidak berhubungan dengan orang lain. Berhubungan dengan orang lain berarti berinteraksi baik itu secara sepintas maupun berkesinambungan. Setiap hari kita berhadapan dan berinteraksi dengan anggota keluarga dan lingkungan sebagai individu yang paling dekat dengan kita. Yang jelas, bahwa dari setiap interaksi kita dengan orang lain menghadirkan suatu kenyataan ada perbedaan di dalamnya.Sesuatu yang kita anggap baik terkadang belum tentu baik untuk orang lain dan begitupun sebaliknya. Dalam hal ini diperlukan adanya saling pengerti antara kedua belah pihak. Berusaha memahami apa yang diinginkan orang lain dari kita, dan apa yang kita harapkan dari orang lain untuk kita terima. Memang bukanlah hal yang mudah untuk dapat memahami keinginan orang lain, tetapi bukan juga hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Banyak kesalahpahaman yang terjadi dalam setiap jalinan hubungan karena kedua belah pihak sama-sama tidak dapat (tidak berusaha) mengerti dan memahami satu sama lain. Berusaha mengerti dan memahami keinginan orang lain memang memerlukan pengorbanan yang terkadang tidak kecil, tetapi pengorbanan memang sesuatu yang harus dilakukan demi terjalinnya hubungan yang harmonis.
Nabi Kongzi bersabda: “Yang dapat diajak belajar bersama belum tentu dapat diajak bersama menempuh jalan suci (beragama), yang dapat diajak bersama menempuh jalan suci belum tentu dapat diajak bersama berteguh, dan yang dapat diajak bersama berteguh belum tentu dapat bersesuaian paham.” (Lunyu. IX: 30) Berusaha menyamakan faham/pandangan kita tentang sesuatu hal dengan orang lain bukanlah sesuatu yang wajib untuk dilakukan, biarlah perbedaan itu hadir apa adanya, yang terpenting adalah mencari segi positif/kebaikan dari setiap perbedaan yang ada. “Carilah persamaan di dalam perbedaan, jangan mencari perbedaan di dalam persamaan.” Dengan dasar pemikiran yang positif bahwa perbedaan adalah sesuatu yang selalu menyertai kehidupan ini, dan dalam setiap perbedaan tentu ada segi positifnya serta setiap perbedaan mesti memiliki pula persamaan-persamaan di dalamnya, akan menciptakan hubungan yang harmonis dengan sesama manusia.
Toleransi Dalam Perbedaan
Sumber konflik terbesar satu-satunya adalah seseorang atau satu group yang memaksakan nilai-nilai dan harapan atas orang lain/group lain. Kata toleransi berasal dan bahasa Latin, yaitu tolerare, artinya: Sikap sabar membiarkan sesuatu, menahan diri dan berlapang dada atas perbedaan dengan orang lain. Toleransi antar umat beragama berarti: Sikap sabar membiarkan orang lain memiliki keyakinan lain dan melakukan yang lain sehubungan dengan agama/kepercayaan yang diyakininya itu. Kita harus memiliki sikap sabar/menahan diri melihat orang lain melakukan sesuatu yang berbeda dengan kita dalam segala hal. Memaksakan kehendak kita kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan kita, hal ini menunjukan bahwa kita tidak tidak memiliki sikap sabar/menahan diri (toleran) kepada pihak lain yang berbeda dengan kita. Memang suatu kenyataan dan sejarah telah menunjukkan bahwa peradaban dunia pernah diwarnai berbagai konflik, perselisihan bahkan peperangan yang menyangkut relasi antar etnik dan agama yang terkadang demikian mengerikan dan berkepanjangan. Setiap orang memang memiliki hak untuk menilai bahwa dirinya lebih baik dari orang lain (paling tidak dalam hal-hal tertentu).Setiap bangsa berhak menyatakan bahwa bangsanya lebih hebat dari bangsa lain, dan setiap penganut suatu agama berhak menyakini bahwa agamamya lebih lebih baik dari agama yang lainnya. Sebuah perusahaan berhak menyatakan bahwa produknya lebih baik dari produk yang lain. Semua itu wajar dan memang semua memiliki hak untuk menyatakan hal itu. Tetapi menjadi tidak etis bila kemudian mereka menyatakan bahwa yang lain adalah buruk. Kita tidak perlu menutup mata atas segala kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Rivalitas, kecemburuan, sombong, sok paling tahu dan paling benar justru sering dijumpai di antara umat yang mengaku telah berteguh dalam satu agama yang mereka bilang paling hebat. Nabi Kongzi bersabda: “Sesungguhnya kemuliaan seseorang itu tergantung Referensi Toleransi adalah prinsip utama bermasyarakat, toleransi adalah jiwa yang menyimpan pemikiran terbaik dan yang dipikirkan oleh semua orang. (Hellen Keller) dari usaha orang itu sendiri.” Maka, jangalah menilai orang dari apa agama yang dianutnya, dan jangan menilai agama dari orang yang menganutnya.
Kerukunan dalam Perbedaan
Kerukunan adalah dambaan setiap manusia, hal ini pulalah yang menjadi salah satu tujuan dari pengajaran agama, maka menjadi ironis jika dengan dalih untuk menegakkan ajaran agama justru malah merusak kerukunan itu sendiri. Kerukunan dapat tercipta bukan hanya dalam ruang yang serba sama, maka biarkanlah perbedaan itu hadir apa adanya. Perbedaan memang dapat menjadi pemicu timbulnya perpecahan, tetapi juga dapat menjadi pendorong terciptanya keharmonisan, maka semua tergantung dari bagaimana manusia mengolahnya. Nabi Kongzi tidak pernah mengajarkan umatnya untuk mengungguli pihak manapun juga, tidak ada satu ayatpun dari kitab suci Sishu yang memerintahkan umatnya untuk berlomba-lonba menambah pengikut, terlebih dengan cara merebut umat dari agama lain. Bila setiap agama ingin selalu mengungguli pihak lain, menaifkan satu sama lain dan merasa ditunjuk Tian sebagai ’agen tunggal kebenaran’, maka hasilnya, energi yang seharusnya digunakan untuk membina diri malah digunakan untuk saling mengalahkan, selalu siap menerkam, menjadi beringas dan kehilangan nilai luhur dari ajaran agama itu sendiri. Nabi Kongzi bersabda, “Bila berlainan jalan suci (agama) jangan berdebat.” (Lunyu. XV: 40)Penting Nabi Kongzi bersabda, “Seorang Junzi/susilawan dapat rukun meski tidak dapat sama, seorang rendah budi dapat sama meski tidak dapat rukun.” (Lunyu. XIII: 23)
Orang baik/orang yang memiliki kebenaran idealnya tidak menganggap bahwa kebenarannya yang paling benar. Tidak ada guna memperdebatkan tentang kebenaran yang kita yakini dengan kebenaran yang diyakini oleh orang lain dan memang adalah perbuatan yang sangat sia-sia. Keyakinan merupakan sesuatu yang sangat azasi, terlebih lagi menyangkut keyakinan beragama. Sesungguhnya kebenaran yang dibawakan oleh tiap-tiap agama bukan sesuatu untuk diperdebatkan atau hanya jadi bahan omongan belaka. “Kalau beda, tidak perlu disama-samakan, kalau sama tidak perlu dibeda-bedakan.” Bicara mengenai perbedaan, tiap hal tentu memiliki perbedaan. Bicara mengenai persamaan, tiap hal tentu juga memiliki persamaan. Masalahnya adalah, banyak dari kita menjadi sibuk menyama-nyamakan sesuatu yang beda, dan membeda-bedakan sesuatu yang sama. Semua orang tentu sependapat bahwa segala pranata yang ada di dunia ini adalah bertujuan untuk menciptakan keteraturan, kerukunan, hingga tercapai kedamaian menyeluruh (damai di dunia), tetapi mungkin kita lupa hal yang mendasar mengenai kerukunan tersebut.
Di sisi lain, kita mendapati kenyataan, bahwa dalam prosesnya menyembah (mengimani), bertaqwa dan sujud kepada-Nya memiliki cara yang berbeda-beda. Mestinya dapat dimaklumi, bila dalam prosesnya masing-masing kita memiliki cara yang berbeda dalam menyembah Tian yang dimaksud. Dan mestinya juga dapat disadari bahwa perbedaan cara tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa perbedaan itu bisa terjadi. Tiap agama tentu memiliki cara yang berbeda dalam menangkap kebenaran Tian, atau memandang kebenaran Tian dari sisi yang berbeda. Maka, rasanya kita tidak perlu menjadi heran, bila ada perbedaan dalam menyembah Tian yang sama itu, dan yang lebih penting lagi untuk tidak berusaha terus membanding-bandingkan perbedaan cara tersebut, karena usaha tersebut hanya akan menghadirkan satu kesimpulan sepihak (subyektif), bahwa cara kita lebih baik dari cara orang lain. Penting Tetaplah rukun di dalam persamaan, dengan tidak berusaha membedabedakan persamaan itu,dan tetap rukun di dalam perbedaan dengan tidak menyama-nyamakan perbedaan itu.
Kita tidak memungkiri ungkapan yang menyatakan bahwa, “sebenarnya tujuan kita sama, hanya jalannya saja yang berbeda.” Tetapi, kita juga tidak dapat menutup mata dan telinga, bahwa di dalam perjalannya menuju ke tempat yang sama itu, masing-masing kita berbangga diri, karena merasa bahwa jalan kitalah yang paling baik/ tepat. Rasa berbangga diri memiliki jalan yang paling benar dan paling baik terjadi karena ada hal mendasar yang terlupakan. Seringkali orang (umat penganut suatu agama) tidak menyadari bahwa hal baik/benar bagi kita belum tentu baik/benar bagi orang/pihak lain. Dalam konteks lain, ada ungkapan menyatakan “Carilah persamaan di dalam perbedaan, jangan mencari perbedaan di dalam persamaan.” Hal ini menyiratkan bahwa di dalam perbedaan ada persamaan, dan di dalam perbedaan itu tidaklah berarti menyama-nyamakan yang berbeda. “Seorang Junzi dapat rukun meski tidak sama. Seorang Xiaoren dapat sama meski tidak rukun.”
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment