Konsep-konsep Lingkungan Etiket Kantor
Setiap badan usaha perkantoran tersedianya Tool of management, yakni man, money, material, machine, method, moral dan market. Ketujuh elemen manajemen tersebut akan
menjadi kurang berarti kalau elemen utama “manusia/man” teledor dan kurang cermat dalam melaksanakan proses manajemen melalui komunikasi secara efektif.
Pegawai, ketika melakukan kontak komunikasi dengan sesama rekan, pimpinan, bawahan masyarakat kantor atau masyarakat membutuhkan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknik dan media komunikasi yang tersedia dikantor. Yang tidak kalah penting dalam komunikasi adalah penerapan etika dan etiket/sopan santun pergaulan yang sesuai dengan situasi tatkala pegawai melaksanakan komunikasi baik dengn anggota dan masyarakat kantor khususnya dan masyaakat pada umumnya
Dapat ditambahkan bahwa, ketujuh atau tujuh M tersebut akan bertambah efektif, kalau pegawai bertindak dan melaksanakan pekerjaannya dengan menerapkan pula pola etika dengan mewujudlkan dalam tindakan nyata berupa prilaku etiket pergaulan/komunikasi di kalangan relasi-relasi dan rekan - rekannya.
Etika merupakan bahan bakar dari ketujuh elemen manajemen dan etiket pergaulan merupakan minyak pelumas kelancaran dan keberhasilan realisasi tujuan manajemen secara tuntas. Dengan perkataan lain etika dan etiket juga berfungsi sebagai pelengkap yang berguna untuk mewujudkan efisiensi, efektifitas dan produktifitas manajemen. Khususnya dibidang praktek komunikasi.
Untuk menyelesaikan permasalahan manajemen hinga tuntas diperlukan pemanfaatan keampuhan berkomunikasi, baik komunikasi formal, informal, langsung tak langsung, vertikal dan horizontal. Sekalipun demikian komunikasi masih memerlukan dukungan dana dan sarana komunikasi dan ditunjang dengan etika dan etiket yang sesuai dengan ketika interaksi komunikasi dilaksanakan dikalangan masyarakat kantor dan masyarakat umumnya, agar mencapai hasil maksimal.
0 komentar:
Post a Comment