-->

Value Chain Agribisnis Mangga Gedong Gincu (Mangifera Indica l) di Majalengka

 SUHAENI, KARNO, WULAN SUMEKAR

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Majalengka

Email: suhaenifaperta@yahoo.co.id


INTISARI

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis rantai nilai (value chain) dan efisiensi pemasaran agribisnis mangga Gedong Gincu di Kabupaten Majalengka. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner yang sudah disiapkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas: 88 sampel petani yang ditentukan dengan proportional random sampling, 28 sampel pedagang yang ditentukan dengan snowball sampling yang terdiri atas pedagang pengumpul besar 3 orang, pedagang pengumpul kecil 15 orang dan pengecer 10 orang. Rantai nilai dianalisis dengan menggunakan rasio R/C. Efisiensi pemasaran dianalisis dengan menghitung margin pemasaran, marjin keuntungan, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio R/C petani, pengumpul kecil, pengumpul besar dan pengecer >1. Tingkat keuntungan paling tinggi secara nominal diraih oleh petani. Ditinjau dari marjin pemasaran, keuntungan, farmers’s share, efisensi pemasaran, semua saluran pemasaran dikategorikan efisien.

Kata kunci: rantai nilai, mangga gedong gincu, efisiensi pemasaran.

Download : JURNAL



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment