-->

Pengukuran Kadar Protein dengan Metode Gunning

 
Langkah kerja :
1. Timbang bahan sebanyak 2 – 5 gram yang telah ditumbuk halus dan masukkan kedalam labu kjeldahl, tambahkan 10 gram K2S atau Na2SO4 anhidrat dan 15 – 25 ml H2SO4 pekat, kalau destruksi sukar dilakukan perlu ditambah katalis CuSO4 sebanyak 6 gram dan digoyang.

2. Kemudian dipanaskan pada pemanas listrik atau api bunsen dalam almari asam, mula-mula dengan api kecil dan setelah asap hilang api dibesarkan, pemanasan diakhiri setelah cairan menjadi jernih tidak berwarna.

3. Lakukan langkah 1 dan 2 untuk perlakuan blanko.

4. Setelah labu kjeldahl beserta cairannya menjadi dingin, tambahkan 200 ml aquades dan 75 ml larutan NaOH 40-45% sampai larutan menjadi basa, pasanglah labu kjeldahl dengan segera pada alat destilasi.

5. Panaskan labu kjeldahl sampai amonia menguap semua, destilat ditampung dalam erlenmeyer yang berisi 100 ml HCl 0,1 N yang sudah diberi indikator phenolphtalein 1% 2 - 5 tetes. Destilasi
diakhiri setelah volume destilat 150 ml atau setelah destilat yang keluar tidak bersifat basa.

6. Kelebihan HCl 0,1 N dalam destilat dititrasi dengan larutan basa standar (larutan NaOH 0,1 N) samapi larutan berwarna pink, catat volume titran.

7. Hitunglah kadar protein bahan dengan persamaan sebagai berikut ;



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment