-->

Pengukuran Kadar Lemak dengan Metode Soxhlet

 Prinsip :  Bahan makanan yang larut di dalam petrelium eter, atau ekstraksi  lemak bebas dengan pelarut non polar

Peralatan :
a. Kertas saring
b. Labu lemak
c. Alat soxhlet
d. Pemanas listrik
e. Oven
f. Neraca analitik
g. Kapas bebas lemak
h. Pereaksi : hexane atau pelarut lemak lainnya

Langkah kerja 1 :
1. Panaskan cawan labu dalam oven pada suhu 105 – 110 C selama satu jam, dinginkan dalam eksikator selama 10 menit dan timbang (X1).
2. Timbang bahan/contoh sebanyak 2 – 5 gram (bahan sebaiknya dalam bentuk halus dan kering), dan dibungkus dengan kertas saring/kertas filter dalam bentuk silinder (a).
3. Masukkan selongsong kertas filter kedalam tabung ekstraksi dan diberi pemberat serta dihubungkan dengan kondensor/pendingin .
4. Pasanglah tabung ekstraksi pada alat destilasi Soxhlet dengan pelarut petroleum ether/petroleum benzena/hexana sebanyak 150 ml yang dimasukkan kedalam soxhlet sampai kertas saring tersebut terendam dan sisa larutan dimasukkan kedalam labu.
5. Panaskan cawan labu yang dihubungkan dengan soxhlet di atas water bath sampai cairan dalam soxhlet terlihat bening. Pemanasan ini berlangsung selama 2 – 4 jam, apabila  setelah 4 jam ekstraksi belum sempurna pemanasan dapat dilanjutkan selama 2 jam lagi.
6. Lepaskan labu dari soxhlet dan tetap dipanaskan di atas water bath untuk menguapkan semua petroleum ether dari cawan labu.
7. Cawan labu dipanaskan dalam oven pada suhu 105 – 110 C selama 15 –60 menit, kemudian didinginkan dalam eksikator selama 10 menit dan ditimbang. Ulangi prosedur ini sampai diperoleh berat yang stabil (X2).
8. Hitunglah persentase kadar lemak bahan/contoh dengan persamaan sebagai berikut ;


Langkah kerja SNI  :
1. Timbang seksama 1-2 g contoh, masukkan kedalam selongsong kertas yang dialasi dengan kapas 2. Sumbat selongsong kertas berisi contoh tersebut dengan kapas, keringkan dalam oven pada suhu tidak lebih dari 80C selama lebih kurang satu jam, kemudian masukkan ke dalam alat soxhlet yang telah dihubungkan dengan labu lemak berisi batu didih yang telah dikeringkan dan telah diketahui bobotnya
3. ekstrak dengan heksana atau pelarut lemak lainnya selama lebih kurang 6 jam
4. Sulingkan heksana dan keringkan ekstrak lemak dalam oven pengering pada suhu 105 C
5. Dinginkan dan timbang
6. Ulangi pengeringan ini hingga tercapai bobot tetap

Perhitungan ;



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment