-->

Tujuan Panduan ras

Teknologi sistem wanatani berbasis karet (RAS) memberikan pilihan kepada petani dalam membangun kebun berbasis karet klonal agar dapat memperbaiki produktivitas sistem hutan karet yang telah dipraktekkan petani saat ini. Upaya tersebut  dilakukan  dengan  merubah  beberapa  pengelolaan minimal  yang dilakukan oleh petani menjadi pengelolaan yang lebih intensif meskipun tidak se-intensif pada sistem monokultur. Selain karet klonal, petani dapat menanam tanaman pangan, buah-buahan, kayu atau resin seperti halnya pada sistem hutan karet. Selain menghasilkan lateks, tanaman karet mempunyai potensi kayu karet untuk memenuhi kebutuhan kayu di masa depan, terutama bila produktivitas lateksnya telah menurun.
Hingga saat ini, informasi berupa teknologi RAS yang telah dibangun masih belum sampai ke petani di luar wilayah penelitian. Faktor penyebabnya adalah akses petani/pekebun terhadap informasi dan teknologi pengelolaan kebun yang adaptif dan sesuai dengan kemampuan serta keperluan petani masih terbatas. Untuk itu, perlu disusun panduan tentang pembangunan kebun dengan sistem wanatani berbasis karet yang dapat memberikan gambaran secara rinci kepada petani, pekebun atau penyuluh pertanian lainnya. Tahap  awal yang harus dipersiapkan oleh petani atau pekebun yang akan membangun kebun wanatani berbasis karet adalah mempersiapkan bahan tanam karet dan bibit tanaman sela (musiman dan tahunan).



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment