-->

Persiapan Sembahyang


a.  Zhai-Jie (Berpantang) Zhai adalah pantang dalam kaitan dengan makanan, sedangkan Jie adalah pantang dalam kaitan dengan perilaku. Zhai dalam kaitan berpantang makan ada empat macam, yaitu: • Pantang makanan yang berpenyedap, yang menunjukan keprihatinan.
• Pantang makan makanan yang diolah, yang menunjukan apa adanya (kesederhanaan).
• Pantang makan makanan yang berjiwa, yang menunjukan kebersihan/ kesucian.
• Pantang makan makanan yang dapat merusak lingkungan. (Pantang-pantangan di atas dapat dilakukan secara berkala dengan tenggang waktu tertentu, sehingga dapat melatih kita dalam mengontrol dan mengendalikan diri).

Jie dalam kaitan berpantang perilaku adalah menjaga ucapan dan kelakuan (sikap), seperti:
• menjaga ucapan: tidak berkata-kata kotor, kasar, mengumpat, mencaci maki, fitnah, dll.
• menjaga kelakuan (sikap): tidak melanggar kesusilaan, norma-norma kesopanan, bersikap ramah, dan santun.
 
b. Ming (Bersuci) Jila zhai itu berhubungan dengan mengendalikan keinginan makan dan Jie mengendalikan perilaku, bersuci itu lebih kepada kesucian hati dan pikiran. Mengendalikan kekalutan pikiran dan keresahan atau semua gejolak rasa yang ada di hati.

c. Shengfu (Berpakaian Lengkap) Berpakaian lengkap dalam konteks ini berarti menggunakan jubah khusus sembahyang, serta alas kaki (sepatu). Lengkap berarti juga rapi, layak, dan terutama bersih.

d. Muyu (Mandi Keramas) Mandi keramas terkait dengan kebersihan jasmani yang melengkapi Zhai-Jie, Ming, dan Shengfu.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment