-->

Bagaimana pengambilan/penyedotan air dari dalam tanah yang baik?

Diatas telah disebutkan bahwa air yang masuk kedalam tanah melalui infiltrasi dan perkolasi selanjutnya terkumpul pada lapisan tertentu dimana terdapat lapisan bawah yang kedap air berupa aquifer. Air pada lapisan tanah inilah yang sebaiknya disedot melalui sumur-sumur untuk keperluan kehidupan manusia. Dibawah ini diuraikan dan digambarkan tentang bagaimana sebaiknya air disedot oleh sumur-sumur untuk industri.


Aquifer adalah lapisan dibawah tanah yang mengandung air yang letaknya berada diantara dua lapisan tanah yaitu bagian atasnya lapisan permeable yang dapat melewatkan air dan lapisan bawahnya merupakan lapisan kedap air . Untuk memperjelas tentang aquifer ini dikutip suatu pengertian yang bersumber dari internet sebagai berikut: An aquifer is a wet underground layer of waterbearing permeable rock or unconsolidated materials (gravel, sand, silt, or clay) from which groundwater can be usefully extracted using a water well. The study of water flow in aquifers and the characterization of aquifers is called hydrogeology (http://ga.water.usgs.gov/4 Desb 2010).

Bila dikaitkan dengan penggunaan air, maka lapisan aquifer inilah yang seharusnya dimafaatkan, misalnya sumur-sumur untuk keperluan industri, pertanian dan sejenisnya. Gambar dibawah ini memberikan petunjuk tentang bagaimana seharusnya posisi sumur/ pengambilan/penggunaaan air pada lapisan aquifer:


Keterangan:

  • Confining layer : lapisan batas bawah kedap air 
  • Confined aquifer : daerah aquifer 
  • Unconfined aquifer : bukan daerah aquifer yaitu daerah air tanah 
  • Water tabel well: sumur yang menyedot air tanah bukan pada aquifer 
  • Top of the confined aquifer: lapisan tanah atas dari aquifer yang tembus air 
  • Confining layer (impermeable): lapisan bawah aquifer yang kedap air. 
  • Artesian well : sumur artesis yang dapat dibuat dimana sumur menyedot air pada aquifer 
  • Flowing atesian well: sumur artesis yang memancarkan air karena muka sumur berada dibawah permukaan 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment