-->

Matching system untuk Yagi

Untuk matching system, bisa digunakan bermacam-macam system, diantaranya :
a. Gamma Match
b. T Match
c. Delta Match
d. Beta Match
e. Omega Match
f. Hairpin Match

Gamma Match merupakan versi unbalance dari T Match, sehingga paling cocok digunakan untuk coaxial cable sebagai direct feeding untuk Yagi. Gamma Match mudah dibuat sehingga sangat popular dikalangan amatir radio karena sangat mudah konstruksinya.

Dari illustrasi gambar Gamma Match, terlihat bahwa Driven Element tidak terputus ditengah seperti halnya antenna Dipole yang memakai Balun 1 : 1. Pada Gamma Match diperlukan sebuah Capacitor yang menurut Buku Referensi ARRL Antenna Book, 1974 nilainya sekitar 7 pF per meter panjang gelombang. Dengan demikian, dapat disimpulkan kebutuhan Capacitor untuk Gamma Match antenna Yagi untuk berbagai Band adalah sbb :

Capacitor yang dibutuhkan oleh Gamma Match tidak perlu dalam bentuk Variable Capacitor, tetapi bisa dalam bentuk Fixed Capacitor sesuai Tabel diatas. Fixed Capacitor tersebut dapat dibuat dari Inner Conductor RG-8 setelah bagian luar plastic warna hitam dan shieldednya dihilangkan. Inner Conductor dan lapisan Polypropylene, yaitu lapisan plastic berwarna putih susu ( bukan foam ) akan tepat masuk kedalam Aluminium tubing ukuran 3/8 inch diameter.Tergantung dari panjang Inner Conductor yang dipakai, maka akan dihasilkan Capacitor yang berbeda kapasitansinya.

Dari Tabel Data bermacam-macam coaxial cable, ternyata kapasitansi RG8adalah sebesar 29,5 pF per-feet ( 1 feet = 30,48 cm ), sehingga setiap 1 cm RG-8 mempunyai kapasitansi sekitar 1 pF. Dengan demikian untuk membuat Gamma Match untuk Yagi 2 meter Band, dimana capacitor yang dibutuhkan adalah 14 pF, maka anda dapat membuat capacitor tersebut dari Inner Conductor RG-8 sepanjang L = 14 cm karena akan menghasilkan Capacitor sebesar 14 pF jika Inner Conductortersebut dimasukkan kedalam Aluminium tubing 3/8 inch. Untuk keperluan penyolderan ke Connector SO-239, tambahkan allowance sekitar 1 cm seperti pada illustrasi diatas.

Untuk bracket Driven Element yang bentuknya seperti gambar dibawah ini, pilihlah yang jarak d (center Driven Element to center Connector SO-239 ) sebesar 5 cm untuk Yagi 2 meter Band.

Sebagai informasi, jarak d untuk Driven Element Yagi berbagai macam Band adalah sbb :

Cara membuat Gamma Match untuk Yagi 2 meter Band adalah sbb :

  • Potong Aluminium tubing ukuran ½ inch untuk Driven Element sepanjang 99 cm.
  • Ambil bracket Driven Element dan pasang Connector SO-239 pada tempatnya. 
  • Pasang Driven Element pada tempatnya sehingga tepat center. 
  • Potong coaxial cable RG-8 sepanjang 15 cm dan buang plastic warna hitam serta shieldednya. 
  • Kuliti plastic warna putih Polypropylene sepanjang ¾ cm dan beri sedikit timah solder. Tekuk sedikit bagian ini untuk di solder ke Connector SO-239. 
  • Potong Aluminium tubing ukuran 3/8 inch sepanjang 20 cm. 
  • Masukkan Inner Conductor RG-8 kedalam Aluminium tubing 3/8 inch sedalam 14 cm. 
  • Solder ujung Inner Conductor dengan Connector SO-239. 
  • Pasang Shorting Bar antara Driven Element dan Gamma Match sekitar 11 cm dari center Boom.
  • Untuk melindungi Gamma Match dari cuaca hujan maupun terik matahari, dansebagainya, beri lapisan Araldit warna merah ( fast cure dalam 5 menit ) sehingga seluruh bagian solder dan ujung Inner Conductor tertutup Araldit. 
  • Driven Element siap dirangkai bersama Reflector dan Director lainnya menjadi antenna Yagi. 






Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment