-->

Multivibrator A-Stabil

Multivibrator A-Stabil adalah dua buah penguat yang saling mengumpan balik. Setiap penguat dikendalikan oleh penguat yang lain.

a. Prinsip Kerja

T1 dan T2 adalah transistor dengan tipe yang sama. Pada T2 menghubung C1 terisi dengan polaritas terbalik - UB dan transistor T1 menyumbat. Segera C1 mengosongkan muatannya melalui R2 atau mengisi kearah + UB. Pada saat C1 melewati nol T1 hidup dan C2 terisi - UB. , T2 menjadi menyumbat. Segera C2 mengosongkan muatannya melalui R3 sampai melewati titik nol dan seterusnya. Keadaan ini terjadi terus menerus ditentukan oleh konstanta waktu R2 - C1 atau C2-R3.

b. Pembentuk Pulsa
Pulsa keluaran dari multivibrator A-Stabil adalah berbentuk pulsa kotak, untuk itu harus dibentuk menjadi pulsa gigi gergaji. Diperlukan rangkaian RC seri untuk mmbentuk gigi gergaji.

Pada saat T2 menyumbat C4 mengisi muatan melalui R6 dan pada saat T2 menghantar C4 membuang muatan melalui R6 dan resistansi kolektor-emitor. Konstanta waktu pengisian dan pengosongan ditentukan oleh R6 dan C4.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment