-->

Laporan Harian Hotel

Transaksi yang paling besar dan paling sering terjadi di hotel adalah transaksi yang berhubungan dengan tamu hotel, baik yang menyangkut transaksi penjualan/pendapatan maupun transaksi kas (uang masuk dan uang keluar). Oleh karena itu setidaknya diperlukan dua jenis laporan harian, yaitu laporan kas dan laporan penjualan/pendapatan. Ada beberapa  jenis laporan harian penting yang harus disiapkan oleh petugas/kasir, yaitu:
a. Room status report, laporan housekeeper yang berisi status kamar setiap harinya
b. Room count sheet, laporan perhitungan pendapatan sewa kamar harian yang didasarkan atas room status report tersebut.
c. Laporan penerimaan kas, yang disiapkan oleh kasir front office yang berisi rekapitulasi penerimaan dan penyetoran kas ke bank.
d. Laporan kas, yang berisi rekapitulasi uang masuk dan uang keluar serta saldo kas yang disiapkan oleh kasir front office. 
e. Laporan penjualan, dibuat oleh kasir restauran dan bar, dan kasir outlet lainnya

Contoh dari Laporan harian ini dapat dilihat pada Gambar 11.6 di bawah ini.






Selain pendapatan yang ditulis dalam “income harian” atau daily revenue record ada juga jenis pelaporan pendapatan hotel yang lain. Ada yang bersifat menyeluruh, artinya melibatkan semua departemen penghasil income di hotel, ada juga yang berdasarkan departemen atau outlet yang ada di hotel.  Gambar 11.6f  adalah salah satu contoh format pelaporan tersebut.






Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment