-->

Tanaman tipe simpang

Tanaman tipe simpang adalah tanaman yang mempunyai karakteristik yang berbeda dari tanaman pokok yang sedang diproduksi. Kehadiran tanaman tipe simpang ini merupakan sumber yang sangat berperan dalam kontaminasi genetik karena kehadiran mereka yang secara terus menerus akan menurunkan kemurnian genetic dari varitas yang sedang diproduksi. Kehadiran tanaman tipe simpang di lahan produksi benih tersebut dapat diakibatkan karena beberapa factor berikut ini:
1) Adanya perubahan sifat genetik
2) Adanya tanaman volunteer
3) Terjadinya penyerbukan yang tidak dikehendaki pada saat benih diproduksi
4) Tercampur dengan benih lain pada saat prosesing 

Sifat-sifat dari tanaman tipe simpang tidak selalu tampak pada seluruh fase pertumbuhan tanaman, oleh karena itu pemeriksaan lapangan hendaknya dilakukan pada fase yang tepat yaitu pada saat pembungaan penuh dimana pada saat itu sifat-sifat tanaman ditampilkan secara penuh.
Pengenalan tipe simpang tergantung pada ketegasan dan  besarnya perbedaan yang tampak pada tipe simpang dengan varitas yang diproduksi, perbedaan yang terlalu kecil sulit dikenali dalam kondisi lapang. Perbedaan yang mudah dikenali adalah warna bunga, warna daun, bentuk buah, dan panjang bulu. Sedangkan perbedaan dalam tinggi dapat mudah dikenali dan dapat pula sulit dikenali. Tipe simpang yang tinggi yang berada diantara kultivar pendek sangat mudah dilihat, tetapi tipe simpang yang pendek yang berada diantara kultivar tinggi sangat sulit untuk dapat terlihat. 
Disamping itu keseragaman dari kultivar yang ada sangat berperan dalam pembedaan dengan tipe simpang. Pada kultivar yang menyerbuk silang yang performansinya tidak seragam, tipe simpang sangat sulit untuk dikenali. Sedangkan pada kultivar yang seragam seperti galur murni, keberadaan tipe simpang dengan sedikit pembedapun relatif mudah untuk dikenali.

Ciri morphologis tanaman padi tipe simpang dan langkah roguing yang harus segera dilakukan pada fase-fase: 
1) saat pembentukan anakan maksimum
2) Saat pembungaan
3) sebelum panen. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment