-->

Fase yang paling penting dalam pelaksanaan roguing

Roguing  wajib dilakukan beberapa kali pada semua fase pertumbuhan yang berbeda secara terus menerus sampai sebelum panen. Roguing sebaiknya dilakukan sepagi mungkin sebelum matahari terlalu panas agar pengenalan terhadap ciri-ciri kritis yang ada dapat lebih mudah dilakukan. Periode fase pertumbuhan terbaik dalam melakukan roguing  adalah pada fase pertanaman berbunga penuh karena pada fase ini sifat-sifat tanaman hampir ditampilkan sepenuhnya dan perbedaan-perbedaan warna dan ukuran pada bunga akan tampak nyata. Namun untuk tanaman menyerbuk silang sebaiknya roguing wajib dilakukan pada fase lebih awal yaitu sebelum pembungaan penuh atau pada saat pembungaan tetapi sebelum serbuk sari matang dan belum dilepaskan oleh organ penyerbuk.
Dalam penerapan pada produksi benih tanaman padi, roguing  dapat dikerjakan pada semua fase pertumbuhan tanaman. Fase pertumbuhan tanaman yang paling kritis dalam pelaksanaan roguing, adalah:
1) Saat pembentukan anakan maksimum
2) Saat pembungaan
3) Sebelum panen



 

 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment