-->

PERSIAPAN MAHIR ( ADVANCED SETUP ) BAG 8

13. Langkah Keduabelas yaitu mengatur atau mensetting default akun untuk barang (currency default account). Pada tahap ini Anda dapat mengatur default akun yang akan menjadi Standart GL Account setiap Anda mengentry data Item baru di ACCURATE.  Berikut gambar yang menampilkan contoh pengisian Item Default Account:

 Keterangan:
• Inventory Account : Isi kolom ini dengan akun tipe inventory. Akun default ini berfungsi untuk menjurnal (mencatat) aktifitas pembelian item tipe inventory part yang diinput pada formulir Purchase Invoice (Faktur Pembelian).
• Sales Account : Isi kolom ini dengan akun tipe revenue. Akun default ini berfungsi untuk menjurnal (mencatat) aktifitas penjualan item yang diinput pada formulir Sales Invoice (Faktur Penjualan).
• Sales Return Account : Isi kolom ini dengan akun tipe revenue. Akun default ini berfungsi untuk menjurnal (mencatat) aktifitas retur penjualan (sales return) yang diinput pada formulir Sales Return (Formulir Retur Penjualan).
• Good In Transit : Isi kolom ini dengan akun tipe Inventory. Akun default ini berfungsi untuk menjurnal (mencatat) aktifitas pengiriman barang kepada Customer yang diinput pada formulir Delivery Order (Surat Jalan). Akun Good In Transit mencatat pengiriman barang dagangan yang tidak disertai dengan tagihan (invoice).
• Item Discount Account : Isi kolom ini dengan akun tipe Revenue. Akun default ini berfungsi untuk menjurnal (mencatat) pengakuan diskon penjualan yang diberikan kepada pelanggan (customer) yang diinput pada formulir Sales Invoice (Faktur Penjualan).
• COGS Account : Isi kolom ini dengan akun tipe Cost Of Good Sold (Harga Pokok Penjualan). Akun default ini berfungsi untuk menjurnal (mencatat) harga pokok penjualan item tipe inventory part. ACCURATE akan secara otomatis menghitung harga pokok penjualan item tipe inventory part yang diinput pada formulir Sales Invoice (Faktur Penjualan).
• Purchase Return Acc : Karena ACCURATE mencatat persediaan dengan sistem perpetual maka Anda dapat mengisi kolom ini dengan akun yang sama seperti yang Anda isi pada kolom Inventory Account.
• Expense Account : Akun ini berfungsi untuk mencatat aktifitas yang berhubungan dengan Item Tipe Non Inventory Part. Isi kolom ini dengan akun beban Administrasi dan Umum Lain-lain.
• Unbilled Goods Acc. : Akun ini berfungsi untuk mencatat aktifitas penerimaan barang dari Vendor (pemasok) yang dicatat pada formulir Penerimaan Barang (Receive Item) dimana tagihan atas penerimaan barang tersebut belum diterima.

14. Langkah ketigabelas yaitu penentuan metode harga pokok (costing method) yang akan Anda gunakan untuk menghitung harga pokok penjualan barang dagangan Anda.
 

Klik tombol Next (Lanjut) untuk melanjutkan penginputan ke persiapan singkat berikutnya.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment