-->

PERSIAPAN MAHIR ( ADVANCED SETUP ) BAG 7

9. Langkah Kedelapan yaitu pengisian Tabel Daftar Pelanggan (Customer). Pelanggan atau customer adalah pihak yang membeli barang/jasa yang Anda jual.Tabel Daftar Pelanggan ini dapat Anda isi dengan mengimport master data pelanggan (file excel) yang telah Anda siapkan sebelumnya dengan cara:

a. Klik ‘click here to import from file, lalu tentukan folder dan nama file excel (data pelanggan) yang akan diimport. Setelah file tersebut ditemukan, klik tombol Open lalu klik Tombol Extract Data (Ambil Data). Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :
 
b. Setelah Anda menghapus baris pertama tabel available source, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mendefenisikan data sumber (define available source). Tujuan-nya agar ACCURATE dapat mengidentifikasi data sumber (file excel) yang Anda miliki ke dalam field yang tersedia di ACCURATE. Perhatikan contoh define data sumber (file excel) yang disajikan pada gambar berikut ini:



Setelah semua kolom yang terdapat pada file excel Anda cocokkan dengan kolom-kolom yang terdapat di ACCURATE, langkah selanjutnya  adalah menyesuaikan format tanggal ACCURATE dengan format tanggal pada file excel yang Anda import. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini:


c. Setelah format tanggal ACCURATE Anda cocokkan dengan format tanggal file Excel yang Anda import, langkah selanjutnya klik tombol IMPORT DATA untuk mengimport data sumber Anda. Tunggu sampai proses import data selesai. Setelah proses import selesai dan semua data berhasil diimport klik tombol OK lalu klik tombol NEXT (LANJUT) untuk melanjutkan penginputan selanjutnya.

10. Langkah Kesembilan yaitu pengisian Tabel Daftar Pemasok (Vendor). Pemasok atau Vendor adalah pihak yang membeli barang/jasa yang Anda jual.Tabel Daftar Pemasok (Vendor) ini dapat Anda isi dengan mengimport master data pemasok (file excel) yang telah Anda siapkan sebelumnya dengan cara:
a. Klik ‘click here to import from file, lalu tentukan folder dan nama file excel (data pemasok) yang akan diimport. Setelah file tersebut ditemukan, klik tombol Open lalu klik Tombol Extract Data (Ambil Data).
b. Hapus judul tabel yang terdapat pada baris pertama tabel available source.
c. Setelah Anda menghapus baris pertama tabel available source, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mendefenisikan data sumber (define available source). Tujuan-nya agar ACCURATE dapat mengidentifikasi data sumber (file excel) yang Anda miliki ke dalam field yang tersedia di ACCURATE. Perhatikan contoh define data sumber (file excel) yang disajikan pada gambar berikut ini:
 
Setelah semua kolom yang terdapat pada file excel Anda cocokkan dengan kolom-kolom yang terdapat di ACCURATE, langkah selanjutnya  adalah menyesuaikan format tanggal ACCURATE dengan format tanggal pada file excel yang Anda import. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini:
 
d. Setelah format tanggal ACCURATE Anda cocokkan dengan format tanggal file Excel yang Anda import, langkah selanjutnya klik tombol IMPORT DATA untuk mengimport data sumber Anda. Tunggu sampai proses import data selesai.
e. Setelah proses import selesai dan semua data berhasil diimport klik tombol OK lalu klik tombol NEXT (LANJUT) untuk melanjutkan penginputan selanjutnya.

11. Langkah Kesepuluh yaitu membuat Daftar Departemen.  Daftar Departemen berfungsi untuk memisahkan beberapa transaksi sesuai dengan Departemen/Divisi yang berhubungan dengan transaksi tersebut.  Jika Anda tidak memisahkan transaksi Anda per departemen ataupun perdivisi, Anda dapat melanjutkan penginputan ke persiapan singkat berikutnya tanpa mengisi daftar ini. 

12. Langkah Kesebelas yaitu membuat Daftar Gudang dan Daftar Item Categories.
a. Daftar Gudang (Warehouse).
 Keterangan :
• Add : Gunakan tombol ini untuk menambah Gudang baru  
• Edit : Secara default, ACCURATE telah menyediakan nama Gudang Centre. Gunakan tombol ini untuk mengubah nama Gudang default sesuai dengan nama Gudang Anda.
Untuk menghindari gagal Import, sesuaikan format tanggal di ACCURATE dengan format tanggal data sumber excel Anda.
• Delete : Gunakan tombol ini untuk menghapus data Gudang yang Anda buat pada tabel Daftar Gudang. Data Gudang yang dapat dihapus hanya data Gudang yang Anda buat saja, default Gudang yang dibuat oleh ACCURATE tidak dapat Anda hapus tetapi hanya dapat diubah saja.

b. Daftar Kategori Barang (Item Categories), yaitu tabel yang menampilkan daftar kategori barang (produk) yang Anda jual. Agar Item yang Anda jual dapat dibedakan berdasarkan kategori produk, Anda harus terlebih dahulu mengisi tabel ini dengan informasi kategori produk yang Anda miliki.  Jika sebelumnya Anda telah memiliki data produk kategori dalam bentuk file excel, Anda dapat dengan mudah mengimport file tersebut di ACCURATE dengan cara klik ‘ click here to import from file ’.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment