-->

PERSIAPAN MAHIR ( ADVANCED SETUP ) BAG 5

e. Klik tombol Import untuk mengimport data excel Anda. Tunggu sampai proses import selesai dan muncul message confirmation yang menginformasikan sukses atau tidaknya pengimportan yang Anda lakukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:

f. Setelah daftar import selesai Anda import, klik tombol NEXT (LANJUT) untuk melakukan persiapan singkat berikutnya.

6. Langkah Kelima yang harus Anda lakukan adalah mengatur (men-setting) akun default mata uang (currency default account). Akun default mata uang (currency default account) ini akan berfungsi untuk mencatat (menjurnal) transaksi keuangan Anda yang berhubungan dengan mata uang secara otomatis. Setting akun default mata uang (currency default account) sesuai dengan mata uang yang Anda miliki. Sebagai petunjuk perhatikan gambar di bawah ini:
 
Keterangan :
a. Default akun ‘Account Payable’ : Default akun hutang yang berfungsi mencatat hutang pada formulir Purchase Invoice, Purchase Return, Purchase Payment, dan Period End.
b. Default akun ‘Account Receivable’ : Default akun uang muka pembelian yang berfungsi untuk mencatat aktifitas pembayaran uang muka kepada Vendor (Pemasok). Akun yang dapat Anda pilih pada kolom ini adalah akun uang muka pembelian dengan tipe piutang (account receivable).
c. Default akun ‘Advance Sales’ : Default akun uang muka penjualan yang berfungsi untuk mencatat aktifitas penerimaan uang  muka penjualan dari Customer (Pelanggan). Akun yang dapat Anda pilih pada kolom ini adalah akun uang muka penjualan dengan tipe akun hutang (account payable).
d. Default akun ‘Advance Purchase’ : Default akun uang muka pembelian yang berfungsi untuk mencatat aktifitas pembayaran uang muka kepada Vendor (Pemasok). Akun yang dapat Anda pilih pada kolom ini adalah akun uang muka pembelian dengan tipe akun (account receivable).
e. Default akun ‘Sales Discount’ : Default akun potongan penjualan yang berfungsi untuk mencatat diskon faktur penjualan yang Anda berikan kepada Customer (Pelanggan) Anda. Akun yang dapat Anda pilih pada kolom ini adalah akun dengan tipe revenue.
f. Default akun ‘Realized Gain or Loss : Default akun ini berfungsi untuk mencatat selisih kurs pada saat pembayaran hutang atau penerimaan pelunasan piutang dalam mata uang asing, dimana terdapat perbedaan kurs saat pembayaran dengan saat terjadinya hutang/piutang tersebut.
g. Default akun ‘Unrealized Gain or Loss’ : Default akun ini berfungsi untuk mencata selisih kurs awal (transaksi) dengan kurs pada akhir periode (Period End). Setelah pengaturan (settingan) akun default mata uang (currency default account) selesai Anda buat, klik tombol NEXT (LANJUT) untuk melanjutkan penginputan ke persiapan singkat berikutnya.

7. Langkah Keenam yaitu mengisi daftar lain (other list) yaitu penginputan data yang terdiri dari pengisian Tabel Daftar Syarat Pembayaran (Term Of Payment) yang Anda gunakan dalam transaksi dan pengisian Tabel Daftar Kode Pajak (Taxes).

a. Term Of Payment
Merupakan daftar kondisi atau syarat-syarat pembayaran secara tunai atau kredit. ACCURATE menggunakan format term X?Y n/Z dan C.O.D (Cash On Delivery). X merupakan persen diskon yang diberikan kepada pembayar jika pembayaran dilakukan pada periode diskon, Y merupakan periode diskon, dan Z merupakan periode jatuh tempo (due date). Misalnya 2/10 Net 30 artinya mendapatkan diskon 2% (will get discount) dari harga jual, jika melunasi 10 hari (if paid within) dari tanggal penjualan, pelunasan melebihi waktu 10 hari tidak dikenakan diskon, jatuh tempo piutang 30 hari dari tanggal penjualan Berikut ini gambar yang menampilkan contoh pengisian tabel Terms Of Payment :
 
Keterangan :
• Discount % : Isi kolom ini dengan diskon termin (dalam persen)
• Discount Days : Isi kolom ini dengan periode diskon termin
• Net Due In : Isi kolom ini dengan periode Jatuh Tempo hutang/piutang
• Name : Setelah Anda mengisi kolom Net Due In, silahkan tekan Enter pada keyboard sebanyak dua kali, secara otomatis ACCURATE akan mengisi kolom ini dengan nama termin sesuai dengan penginputan yang Anda lakukan. Penambahan, pengeditan dan penghapusan data Terms Of Payment dapat langsung Anda lakukan pada Tabel Terms Of Payment atau dapat Anda lakukan dengan menggunakan tombol – tombol yang tersedia di atas tabel tersebut. Berikut penjelasannya :
• Tombol Add :  Tombol ini berfungsi untuk menambah data termin pada tabel Terms Of Payment.
• Tombol Edit : Tombol ini berfungsi untuk mengubah (mengedit) data termin yang terdapat pada tabel Terms Of Payment. 
• Tombol Delete : Tombol ini berfungsi untuk menghapus data termin yang terdapat pada tabel Terms Of Payment.

b. Taxes
Pada tabel Taxes, Anda dapat men-setting kode PPN. Kode ini dapat digunakan untuk menampilkan PPN Keluaran pada formulir penjualan ketika Anda melakukan transaksi penjualan barang/jasa kena pajak dan menampilkan PPN masukan pada formulir pembelian ketika Anda melakukan transaksi pembelian barang/jasa kena pajak. Dengan adanya kode pajak ini ACCURATE dapat menghitung jumlah PPN keluaran dan PPN masukan ke dalam akun default pajak yang telah Anda tentukan. Penginputan kode pajak ini akan berhubungan dengan tiga form list, yaitu List Customer, List Vendor dan List Item. Berikut ini gambar yang menampilkan contoh pengisian tabel Taxes :
 
Keterangan:
• Code : Isi dengan kode PPN yang Anda inginkan.
• Name : Isi dengan nama pajak. Contoh : PPN Standart, PPN Sederhana atau PPnBM.
• Description : Isi dengan keterangan atau deskripsi atas nama pajak yang Anda input. Contoh : VAT 10% Standart.
• Rate : Isi dengan tarif pajak. Contoh : tarif PPN = 10%
• Sales Tax : Isi dengan nomor akun yang akan Anda gunakan untuk mencatat PPN Keluaran (PPN Penjualan). 
• Purchase Tax : Isi dengan nomor akun yang akan Anda gunakan untuk mencatat PPN Masukan (PPN Pembelian).
• Sls Tax Acc Name : Kolom ini secara otomatis menampilkan nama atau deskripsi dari nomor akun PPN Penjualan yang Anda pilih.
• Pur Tax Acc Name : Kolom ini secara otomatis menampilkan nama atau deskripsi dari nomor akun PPN Pembelian yang Anda pilih. Penambahan, pengeditan dan penghapusan data Taxes (Kode Pajak) dapat langsung Anda lakukan pada Tabel Taxes atau dapat Anda lakukan dengan menggunakan tombol – tombol yang tersedia di atas tabel tersebut. Berikut penjelasannya :
• Add : Tombol ini berfungsi untuk menambah data kode pajak pada Tabel Taxes. 
• Edit : Tombol ini berfungsi untuk mengubah atau mengedit data kode pajak pada Tabel Taxes.
• Delete : Tombol ini berfungsi untuk menghapus data kode pajak pada Tabel Taxes. Setelah pengisian tabel Terms Of Payment dan tabel Taxes selesai Anda buat, klik tombol NEXT (LANJUT) untuk melanjutkan penginputan ke persiapan singkat berikutnya.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment