-->

Mempermudah Gerakan

Mempermudah gerakan adalah mengusahakan agar dalam gerakan itu sedapat mungkin dihilangkan gerakan ‘mengontrol’, berhati-hati atau ‘menghentikan gerakan’ atau juga ‘ menyesuaikan posisi’ dan sebagainya.  Paling umum adalah mengusahakan agar tidak perlu memegang benda-benda berat. Kita perlu secara aktif menggunakan perlengkapan pemegang alat atau pemegang parts, atau menggunakan stopper serta memanfaatkan gaya berat, spring dan juga tekanan udara.

A. Mengenai Cara Gerakan 

  • Perbaikan aturan prosedur kerja menjadikannya lebih mudah untuk menggulung pita gelas.  

Menggunakan Gaya Berat Atau Tenaga/Gaya Lain. 

Membuat ujung palu memiliki sifat magnetis dapat menghilangkan gerakan ‘memegang paku’ oleh tangan, adalah merupakan contoh pemanfaatan gaya/tenaga lain yang sering digunakan. Contoh yang lainnya : pemanfaatan spring (pegas), tekanan hidraulis, tekanan udara (atmosfir). 

Contoh penggunaan gaya magnit 

Memegang, menggantungkan, mengangkut benda-benda logam besi dengan magnit. 

Contoh pemakaian tekanan udara dan hidraulis 

Menghimpit, mengangkat benda, menggerakkan mesin. Atau juga menghembus sampah dengan tekanan udara atau menghisapnya dengan tabung vakum. 

B. Mengenai Tempat Kerja 

Membuat Ketinggian Tempat Kerja yang Tepat 

Tinggi meja kerja berbeda-beda tergantung dari jenis pekerjaan yang dilakukan. Artinya, penting kita mempertimbangkan jenis pekerjaan yang memerlukan tenaga besar, pekerjaan yang memerlukan lengan atau jari dan sebagainya. Berdasarkan jenis pekerjaan itulah kita menentukan tinggi meja kerja. Jika melakukan kerja sambil duduk, perlu kita perlukan sandaran dan tempat menaruh kaki. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment