-->

Lakukan Gerakan Bersamaan Waktunya

Sering terihat salah satu tangan menggantikan alat pemegang yang sebenarnya sia-sia. Perlu dipikirkan perbaikan keadaan, tempat ker ja dan jig agar kedua belah tangan bisa dipakai bersamaan waktunya. Begitu juga akan efektif bila ada alat yang dipergunakan dengan memakai kaki. 

A. Mengenai Cara Gerakan

Kedua Tangan Mulai dan Berakhir Secara Bersamaan 

Sebelah tangan yang menganggur bukan saja suatu kesiasiaan tetapi juga menyebabkan beban yang tak seimbang bagi sebelah tangan lainnya, ini penyebab ketidakseimbangan gerakan. Jadi sedapat mungkin usaha penggunaan kedua tangan bersamaan waktunya. Dilihat dan segi ekonomi gerakan, diluar waktu istirahat sebetulnya kedua belah tangan tidak dalam keadaan istirahat. Pada saat “diam” hendaknya dicari alasan nya yang tepat dan jelas, perbaiki sebab-sebab dan usahakan penyamaan waktu gerakan kedua belah tangan. Perlu diusahakan agar gerakan tangan tidak terganggu akibat tangan lain yang diam. Berikut ini diperlihatkan daftar kesukaran gerakan bersamaan kedua belah tangan. Kita perlu memikirkan cara termudah dengan melihat daftar ini. 



Gerakan Kedua Tangan Ke arah Berlawanan, Simetris 

Dilihat dan kemudahannya, gerakan badan berulang mengikuti jejak gerakan yang sama adalah gerakan yang alamiah, jika arah gerakannya berlawanan atau simetris maka akan diperoleh keseimbangan dan timbul irama gerakan. Kemudian, akan hilang selisih waktu gerakan dan bisa dicegah timbulnya kekeliruan kerja. 

B. Mengenai Tempat Kerja 

Letakkan Tempat Part Sedemikian, Agar Dua Tangan Bisa Bergerak Bersamaan. 

Penempatan parts secara simetris memungkinkan kedua tangan bekerja 


C. Mengenai Jig dan Mesin 

Menggunakan Alat Pemegang Benda, bila ada Gerakan Memegang Benda untuk Waktu yang Lama 

Gunakan kaki untuk pekerjaan sederhana atau pekerjaan yang memerlukan tenaga


Memikirkan Jig yang Memungkinkan Penggunaan Kedua Tangan Bersamaan 

Perlu ada pengaturan letak di wilayah kerja, agar kedua tangan dapat bergerak bersamaan, dan jig yang tidak menimbulkan adanya tangan yang menganggur. Bersamaan dengan itu perlu dipikirkan jig yang pemasukan materialnya mudah serta kedudukan jig yang sesuai dengan keadaan fisik pekerja.
Lengkungkan terminal washer dengan kedua tangan dan memakai jig khusus   

 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment