-->

Pemberian Air Minum DOC Ayam Buras


Air dibutuhkan oleh setiap ternak, tidak terkecuali ayam buras. Air dapat diperoleh melalui air minum, air dari pakan yang dimakan dan air metabolisme. Air di dalam tubuh ternak mempunyai peranan yang sangat penting, diantaranya sebagai transportasi zat-zat gizi di dalam tubuh, sebagai pelarut beberapa zat, mengontrol suhu dan mengangkut zat-zat sisa. Kebutuhan air  minum sangat tergantung pada umur, temperatur kandang dan aktivitas ayam tersebut. Pada ayam muda, pengurangan air akan mengakibatkan penurunan rata-rata pertumbuhan.

Kebutuhan air minum ayam buras pedaging :

  1. Umur 0 – 2 minggu adalah 0,50 liter per hari; 
  2. Umur 2 – 4 minggu adalah 0,75 liter per hari; 
  3. Umur 4 – 6 minggu adalah 1 liter per hari; 
  4. Umur 6 – 8 minggu adalah 1,25 liter per hari; 
  5. Umur 8 – 12 minggu adalah 1,50 liter per hari; 
  6. Umur 12 – 16 minggu adalah 1,50 liter per hari; 

DOC yang sudah masuk ke dalam kandang indukan segera diberi air minum. Untuk air minum ayam berilah air yang bersih, jangan menggunakan air yang berasal dari air sungai. Biasanya air minum yang diberikan kepada DOC yang baru datang dicampur dengan vitamin atau gula yang bertujuan sebagai sumber energi siap pakai. Apabila menggunakan gula sebanyak 5%, sedangkan vitamin sesuai dengan anjuran, biasanya 1 : 2. 

Pada umumnya DOC setelah dimasukkan ke dalam kandang indukan,  secara naluri DOC tersebut akan mencari tempat minum. Namun demikian, apabila masih ditemukan DOC yang belum bisa atau belum mau minum hendaknya dibantu untuk minum dengan cara memasukkan paruh DOC ke dalam air minum yang telah tersedia. 

Sebaiknya gunakan tempat minum untuk DOC, namun apabila tidak ada bisa menggunakan tempat minum yang besar. Hanya saja apabila menggunakan tempat minum besar untuk DOC, agar DOC tidak masuk ke dalam tempat minum, maka tempat minum diberi batu-batu kecil atau kerikil. Pengisian tempat minum hendaknya tidak penuh tapi cukup 2/3 saja.  Tempat minum hendaknya dijaga kebersihannya dengan cara mencucinya setiap pemberian air minum atau 2 kali per hari.  



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment