-->

Cara pemberian pakan ayam petelur

Berbeda dengan ayam pedaging dimana pemberian pakan diberikan secara  ad libitum agar bobot badan maksimal tercapai. Pada ayam petelur, harus diperlukan pola pemberian pakan yang benar sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing phase, sehingga ayam akan berproduksi sesuai dengan  umur dan dewasa tubuhnya. Pada ayam petelur ada batasan diet pakan yang disarankan disesuaikan dengan evalusi perkembangan kerangka tubuh dan berat badan pullet.

Pola pemberian pakan pada ayam petelur adalah sebagai berikut:
  1. Pakan Starter Pakan starter diberikan dari umur sehari sampai umur 4 minggu, tetapi dapat diperpanjang sampai umur 5-6 minggu, untuk mengamankan perkembangan kerangka. Perkembangan kerangka utamanya terjadi pada umur 8 minggu pertama pada periode pemeliharan.
  2. Pakan Grower Pakan grower disarankan untuk diberikan antara umur 6 - 8 minggu, sampai 16 minggu. Tetapi dapat diperpanjang sampai umur 17-18 minggu untuk mengamankan pertumbuhan. Pada masa indukan juga bertujuan untuk mengembangkan saluran pencernaan. 
  3. Pakan layer Penggantian jenis pakan dari pakan grower ke pakan layer dilakukan pada saat ayam sudah bertelur 2%. Pertumbuhan tulang medular sebagai tempat cadangan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan kerabang telur terjadi 2 minggu bertelur pertama.  Kandungan pakan layer harus cukup mengandung pospor dan kalsium untuk mencegah ayam kekurangan mineral
  4. Mengatur penggantian pakan ayam petelur Penggantian jenis pakan pada fase yang berbeda harus dilakukan secara bertahap sehinga ayam tidak akan stress. Penggantian secara mendadak akan menyebabkan ayam stress dan konsumsi  makan menurun. Dalam mengatur  penggantian pakan sebaiknya minimal melalui 4 tahap dan berikan vitamin atau obat anti stresss sebelum dan sesudah penggantian pakan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment