-->

Cara Pemberian Pakan Itik

Pola pemberian pakan itik bergantung terhadap umur dan besaran itik. Pakan itik dapat digiling dibentuk tepung atau dapat juga digiling kasar yang masih berupa butir-butiran pecah.adapun model pemberiaanya adalah sebagai berikut: 

Cara pemberian pakan

  1. Umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder) pakan diberikan sedikit supaya tetap segar.
  2. Umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder pakan sedikit dibasahi supaya itik tersebut tidak memilih pakan yang disukai saja karena pada umur ini pakan itik sudah merupakan campuran dari pakan pabrik dan bahan pakan sendiri dan pakan agak awet tidak gampang masam. 
  3. Umur 21 hari sampai 18 minggu diberikan dengan tray feeder pakan bisa berbentuk pasta atau bubur.  Umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yaitu 7 hari pertama secara pakan peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi bertelur sampai produksi mencapai 5%. Setelah itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus). Pemberian minuman itik 
  4. Umur 0-7 hari, untuk 3 hari pertama air minum ditambah vitamin danmineral, atau gula merah tempatnya sama seperti untuk anak ayam. 
  5. Umur 7-28 hari, tempat minum dipinggir kandang dan air minum diberikan secara ad libitum (terus menerus) 
  6. Umur 28 hari-afkir, tempat minum berupa empat persegi panjang dengan ukuran 2 m x 15 cm dan tingginya 10 cm untuk 200-300 ekor. tiap hari dibersihkan.
Jarak penempatan tempat pakan dan tempat minum jangan  terlalu berjauhan karena itik cenderung makan langsung minum hal ini bisa dimungkinkan pakan banyak yang tercecer sehingga kurang efisien. Kebutuhan tempat pakan dan tempat minum adalah sebagai berikut.  Apabila kita ingin memelihara anak itik dalam jumlah 100 ekor, maka cukup dengan menyediakan satu tempat pakan  yang panjangnya sekitar 3-6 meter. Sedangkan untuk tempat minumnya, tempat minum plastik 
yang dapat diisi 4 liter cukup untuk memelihara anak itik 100 ekor. Dalam penempatan sebaiknya antara tempat pakan dengan tempat minum jangan terlalu jauh karena kbiasaan itik yang habis makan terus minum.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment