-->

Langkah-Langkah Pembangunan Pembibitan Tanaman Hutan BAG 3

c) Pengadaan sarana dan prasarana

Pengadaan sarana dan prasarana yaitu meliputi kegiatan:

(1) Pembuatan jalan pembibitan

Dalam merencanakan jaringan jalan di pembibitan yang perlu diperhatikan adalah lebar jalan dan arah kemiringan. Jalan yang satu harus berhubungan dengan jalan lainnya sehingga tidak ada jalan buntu. Jalan di pembibitan terdiri dari  tiga macam yaitu:
  • jalan utama,  
  • jalan  cabang,  
  • jalan inspeksi
Lebar jalan utama 6 m, bagian tengah badan jalan dibuat agak tinggi, di sebelah kanan dan kirinya dibuat parit selebar 50- 100 cm. Lebar jalan cabang 4 m, pembuatannya disesuaikan dengan pembagian blok dan tempat bangunan. Jalan inspeksi lebamya 1 m dibuat pada tiap 5-10 bedeng. Selokan air dibuat mengikuti jaringan jalan, pembuangannya dapat disalurkan ke sungai atau ditampung di kolam untuk cadangan air bila kemarau tiba. 

(2) Kantor pembibitan 


Bangunan kantor sebaiknya disesuaikan dengan tujuan pembuatan pembibitan yaitu bersifat sementara atau permanen. Bangunan yang permanen umumnya menggunakan bahan kayu yang kuat seperti kayu ulin atau kayu lainnya dengan lantai beton. Jika bangunannya berbentuk panggung maka untuk lantainya dapat digunakan kayu meranti, sedangkan untuk atap dapat digunakan seng bergelombang. 
Besar kecilnya bangunan juga disesuaikan dengan jumlah pegawai (staf) yang ada dan luas areal pembibitan. Letak bangunan kantor diupayakan pada posisi yang strategis sehingga dapat secara langsung melihat atau mengawasi pekerja yang sedang bekerja. 
Fungsi kantor di areal pembibitan adalah sebagai tempat untuk berdiskusi atau  bermusyawarah menyelesaikan persoalan, dan mengerjakan administrasi hasil pembibitan. Oleh karena itu didalam kantor ini dilengkapi berbagal alat keperluan adminisirasi dan data-data aset pembibitan.  Layout  bangunan kantor pembibitan dapat dilihat pada Gambar 31.

 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment