-->

Penggunaan fungsi pada query

Di dalam instruksi SELECT dapat diterapkan fungsi – fungsi yang berguna untuk mengatur tampilan data. Fungsi – fungsi tersebut dikenal dengan istilah SQL function. Terdapat banyak sekali fungsi yang tersedia di dalam SQL. Fungis – fungsi tersebut dapat diterapkan di semua jenis DBMS, termasuk MySQL dan microsoft Access. Tidak ada perbedaan di dalam format penulisan dan fungsi dari SQL function pada penerapannya baik di MySQL ataupun di microsoft Access. Fungsi – fungsi tersebut dapat diklasifikasikan berdasarkan atas jenis data yang dikelola dan juga berdasarkan fungsinya.  Beberapa SQL function yang sering digunakan pada instruksi SELECT, di antaranya adalah jenis – jenis SQL function sebagai berikut :

  • Fungsi pengelompokan data (Group Function) 
  • Fungsi pengolah data karakter (teks) 
  • Fungsi pengolah data numerik 
  • Fungsi pengolah data tanggal
Di dalam Microsoft Access tersedia sebuah fitur yang memudahkan penggunaan SQL function pada query, yaitu expression builder.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment