-->

Penerapan fitur Parameter pada query DBMS Microsoft Access

Dalam proses pembentukan query menggunakan query design terdapat pula fitur untuk menggunakan parameter sebagai acuan pencarian data. Secara umum parameter merupakan masukan data atau variabel dari nilai kriteria yang ditetapkan. Hal ini berarti bahwa tampilan data akan senantiasa berbeda sesuai dengan nilai yang dimasukkan pada saat query tersebut dijalankan. Dengan parameter maka pengguna akan lebih leluasa memasukkan nilai kriteria pada klausa WHERE dari query. Berikut ini adalah contoh langkah – langkah penggunaan parameter pada query.

1. Gunakan fitur Query Design untuk membuat sebuah query yang melibatkan tabel siswa menggunakan parameter.
2. Tentukan beberapa kolom yang akan ditampilkan sebagai hasil query.
3. Pada salah satu kolom, misalkan NIS, masukkan teks yang nantinya berfungsi sebagai teks keterangan input dari query dituliskan di dalam kurung siku ([]). Gambar 30. 3. adalah contoh penulisan parameter pada query.
4. Simpan query tersebut dengan nama QryParamete
5. Klik tombol Run, untuk menjalankan query tersebut. 

6. Setelah query dijalankan maka akan muncul jendela untuk memasukkan NIS dari data yang akan ditampilkan, seperti contoh yang terlihat pada gambar 30. 4.
7. Klik tombol OK atau tekan tombol [ENTER] ===> muncul data yang memiliki NIS seperti yang dituliskan di dalam jendela entri nilai parameter.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment