-->

Penerapan fungsi – fungsi pengelompokan data (Group Function)

Group function adalah fungsi matematik yang menghitung sekumpulan data dan memberikan hasil satu perhitungan perkelompok data tersebut. Contoh dari group function di antaranya adalah DISTINCT, SUM, COUNT, AVG, MIN, MAX. Format umum penulisan group function adalah sebagai berikut :
SELECT <kolom, ...>, group_function(kolom) FROM <tabel>WHERE <condition>[GROUP BY <kolom>] [ORDER BY <kolom>] 
 
Berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi dari beberapa SQL function :

1. DISTINCT


Yaitu group function yang berfungsi untuk menghilangkan duplikasi. Fungsi berguna untuk memberikan informasi tentang rekap atau simpulan data dari sekelompok data atau tabel. Misalkan apabila pengguna ingin mengetahui dari kota mana saja mana siswa yang ada di sekolah tanpa adanya perulangan data yang tentunya akan menyulitkan di dalam pembacaan data. Maka dapat digunakan fungsi DISTINCT seperti contoh berikut ini :

2. SUM

Yaitu group function yang berfungsi untuk menjumlahkan data pada kolom (field) tertentu. Sebagai contoh untuk mempraktekkan instruksi ini, perlu dibuat terlebih dahulu tabel tbl_jml_siswa dengan kolom – kolom sebagai berikut :
Kode_Program_Keahlian (varchar(10), Kelas (char(5), Jumlah_Siswa (int). Isikan data seperti gambar 31. 2. Untuk menghitung jumlah siswa dari seluruh kelas pada tabel tersebut maka instruksi yang diberikan adalah :

SELECT SUM(jml_siswa) from tbl_jml_siswa 

Dan dapat diberikan alternatif untuk penamaan kolom alias dari hasil query sebagai berikut :

SELECTSUM(jml_siswa) as Total_jml_siswa from tbl_jml_siswa 


 

3. COUNT
Yaitu group function yang berfungsi untuk menghitung jumlah data (mencacah data) pada kolom (field) tertentu. Pada bagian kolom dapat digunakan simbol “ * ” yang berarti bahwa instruksi group function tersebut akan menghitung jumlah record pada semua kolom. Khusus untuk fungsi COUNT, kriteria kolom tidak berpengarh terhadap hasil instrksi, karena yang dihitung adalah jumlah baris (reocrd data). Sebagai contoh untuk menampilkan jumlah seluruh siswa dari tabel siswa, maka instruksi yang digunakan adalah sebagai berikut :
 
Pada group function dapat pula ditambahkan klausa WHERE, misalkan menghitung jumlah siswa yang beralamatkan di malang seperti contoh berikut :
 
4. AVG
Yaitu group function yang berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata  pada kolom (field) tertentu. Untuk mempraktekkan fungsi ini, perlu dibuat sebuah tabel, mislkan tabel nilai dengan kolom – kolom sebagai berikut :  NIS, Kode_Mapel, Nilai_UTS. Dan selanjutnya isikan data ke dalam tabel tersebut. Untuk menampilkan nilai rata-rata dari mata pelajaran tertentu, misalkan mapel dengan kode MAT, maka instruksi yang digunakan adalah sebagai berikut :

SELECT AVG(Nilai_UTS) from nilai WHERE Kode_Mapel=’MAT’

5. MAX
Yaitu group function yang berfungsi untuk menghitung nilai tertinggi tau terbesar (maksimum) dari kolom (field) tertentu. Misalkan jika diinginkan untuk mencari siswa yang memperoleh nilai tertinggi untuk pelajaran tertentu,maka instruksi yang digunakan adalah sebagai berikut :

SELECT MAX(Nilai_UTS) from nilai WHERE Kode_Mapel=’MAT’

6. MIN
Yaitu group function yang berfungsi untuk menghitung nilai terendah tau terkecil (minimum) dari kolom (field) tertentu. Misalkan jika diinginkan untuk mencari siswa yang memperoleh nilai terendah untuk pelajaran tertentu, maka instruksi yang digunakan adalah sebagai berikut :

SELECT MIN(Nilai_UTS) from nilai WHERE Kode_Mapel=’MAT’



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment