-->

Pengenalan ODBC

ODBC (Open Database Connectivity) adalah fasilitas yang disediakan oleh sistem operasi Windows yang digunakan untuk komunikasi data atau akses data dari satu jenis DBMS ke jenis DBMS yang lain. Dapat dikatakan bahwa ODBC adalah jembatan penghubung ke banyak DBMS. Secara teori, agar data dari suatu DBMS dapat diakses oleh pengguna, maka diperlukan driver yang sesuai dengan DBMS tersebut. Driver DBMS tersebut umumnya secara otomatis akan terinstall pada saat sebuah DBMS di install. Namun tidak menutup kemungkinan untuk meng-update versi dari driver DBMS sejalan dengan kelengkapan fasilitas atau fitur dalam pengelolaan data.  Dalam penerapannya, ODBC memungkinkan pengguna untuk menggunakan driver dari semua DBMS. Dengan menggunakan ODBC, data dari satu DBMS dapat diakses dan dikelola di dalam DBMS yang lain. Untuk dapat mengakses ODBC dapat digunakan beberapa alternatif cara, di antaranya adalah dengan cara :

Start => Control Panel => System and Security => Administrative Tools => Data Sources (ODBC) 

Sedangkan cara ke-dua adalah cara yang lebih singkat yaitu dengan cara menuliskan command“odbc” pada jendela run command di atas tombol start windows seperti ditunjukkan pada gambar 33. 6. di bawah ini :
 

Tampilan berikutnya setelah mengetikkan command tersebut maka akan muncul jendela ODBC sebagaimana contoh gambar 33 7. berikut ini :
 

Dalam jendela ODBC tersebut terlihat beberapa User Data Sources atau lebih lengkapnya adalah Data source Name (DSN). DSN dapat dikatakan sebagai  nama yang mewakili data dari suatu DBMS. Apabila diinginkan untuk mengakses data dari suatu DBMS, Dari jendela tersebut dapat dibuat User DSN yang nantinya DSN tersebut diakses oleh DBMS lain misalkan microsoft access.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment