-->

Pengenalan bentuk – bentuk form wizard

Dengan menggunakan form wizard, dapat dibuat form dalam berbagai bentuk secara cepat. Sebagaimana telah dijelaskan pada kegiatan belajar sebelumnya, form hasil wizard ini dapat didesain ulang pada mode design view. Bentuk – bentuk form yang merupakan hasil wizard sebagaimana terlihat pada gambar 33. 1. adalah Columnar, Tabular, Datasheet dan Justified.


a) Bentuk Columnar 
Bentuk columnar adalah bentuk form di mana data dari setiap kolom  ditampilkan dalam satu kolom ke bawah. Data dalam satu record akan ditampilkan dalam satu halaman form dan record data yanglain dapat dilihat dan di akses pada halaman yang lain lagi. Gambar 33. 2. menunjukkan form bentuk coumnar. Bentuk ini adalah bentuk atau layout yang paling sering digunakan secara umum karena secara desain akan memudahkan pengguna dalam mengakses dan mengelola data satu per satu.


b) Bentuk Tabular 
Bentuk tabular adalah bentuk form di mana data ditampilkan di dalam kolom – kolom sesuai dengna struktur dari tabelnya. Layout form ini sekilas hampir sama dengan tampilan data pada saat tabel tersebut dibuka. Perbedaannya adalah adanya judul form serta baris – baris data ditampilkan di dalam textbox yang siap untuk diedit. Bentuk form tabular ini cocok untuk pengguna yang ingin melihat keseluruhan data secara cepat tanpa perlu berpindah halaman form.  Contoh dari bentuk form tabular dapat dilihat pada gambar 33 .3. berikut ini.
 

c) Bentuk Datasheet 
Bentuk form datasheet adalah bentuk form yang benar – benar sama dengan tampilan data dari tabel yang sedang dibuka. Bentuk datasheet ini hampir sama dengan bentuk tabular. Perbedaannya adalah form bentuk datasheet ini tidak terdapat form header sehingga tidak terlihat adanya judul form, dan judul kolom ditampilkan ersis seperti judul kolom pada tampilan tabel.  Gambar 33. 4. menunjukkan form bentuk datasheet :


d) Bentuk Justified 
Bentuk form justified adalah bentuk form dimana data dari setiap kolom ditampilkan berjajar secara horisontal dan apabila panjang data dari kolom – kolom telah melebihi lebar form, maka data pada kolom – kolom selanjutnya akan dtampilkan di baris berikutnya dan berjajar rata kanan dan kiri dari form. Form bentuk justified ini jarang dijumpai di dalam aplikasi database karena bentuknya yang memang kurang lazim. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment