-->

Pengelolaan data dari DBMS MySQL di dalam Microsoft Access

Dengan menggunakan ODBC, dimungkinkan pengguna untuk mengelola data dari DBMS MySQL dalam microsoft access. Berikut ini adalah langkah – langkah pengelolaan data MySQL di dalam microsoft access :

1. Klik tombol Add pada jendela ODBC seperti yang terlihat pada gambar 33. 7. untuk membuat DSN.


2. Pilih MySQL ODBC 3.51 Driver => Klik tombol Finish.


3. Pada jendela connector / ODBC yang muncul tuliskan nama DSN yang dibuat, misalkan dbsekolah, Isi kolom Server dengan localhost, User dengan root (user administrator dari DBMS MySQL), isi password (jika ada) => Pilih Database yang akan diakses, misalkan database sekolah.


4. Klik tombol Test untuk mengecek konfigurasi DSN yang telah dibuat. Koneksi dari DSN yang dibuat telah berhasil dilakukan apabila muncul konfirmasi sukses koneksi seperti tampilan gambar 33. 10. 


5. Pada Microsoft access klik ikon ODBC Database pada tab External Data 6. Pilih Link to the data source by creating a linked table => OK
7. Pada tab Machine Data Source Pilih Data Source Name (DSN) dbsekolah yang telah dibuat sebelumnya. => OK


8. Pada jendela berikutnya, pilih tabel MySQL yang di hubungkan ke microsoft access => pilih semua tabel => Klik tombol OK.

9. Tentukan record data yang unik di setiap tabelnya. Misalkan untuk tabel nilai_uts, maka data yang unik adalah NIS dan Kode_Mapel.



10. Hasil dari link tabel dapat dilihat seperti gambar 33. 12 berikut ini :



Data pada tabel link tersebut selanjutnya dapat dikelola sebagaimana data pada tabel yang lain. Pada link tabel tersebut dapat dibuatkan form untuk input data dan ataupun report.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment