-->

Penerapan fungsi – fungsi pengolah data tanggal (date)

Tipe data date dapat dikatakan sebagai tipe data yang sedikit berbeda karakteristiknya jika dibandingkan dengan jenis tipe data yang lain sehingga tipe data ini memerlukan penerapan fungsi – fungsi tertentu di dalam mengelola nilai datanya. Fungsi – fungsi yang digunakan untuk mengelola data tanggal (date) disebut dengan  Date Function.  Beberapa Date Function yang sering digunakan untuk mengelola data dengan tipe date diantaranya adalah sebagai berikut :

1. CURDATE dan NOW
Date function CURDATE() dan NOW() memilki fungsi yang sama yaitu menampilkan waktu dari sistem komputer DBMS. Perbedaannya adalah jika CURDATE() akan menghasilkan hanya tanggal sistem, sedangkan fungsi NOW() akan menghasilkan informasi tanggal yang lebih lengkap yaitu dilengkapi dengan waktu (jam:menit:detik). Berikut ini adalah contoh penggunaan dari fungsi NOW().



2. DATE_FORMAT
Fungsi DATE_FORMAT digunakan untuk mengatur format tampilan teks dari data date. Format input dari fungsi  ini menggunakan simbol – simbol yang menentukan komponen data date yang ditampilkan   Beberapa simbol yang digunakan di dalam format input fungsi DATE_FORMAT di antaranya adalah :
%d  : tanggal (dua digit)
%m  : bulan (dua digit)
%M  : nama bulan
%Y  : tahun (empat digit)
%H  : jam ( 0 -23 )
%h  : jam ( 01– 12)
%i   : menit (dua digit)
%S atau %s : detik (dua digit) 

Berikut ini adalah contoh dari penggunaan fungsi DATE_FORMAT


3. DAY, MONTH dan YEAR
Fungsi – fungsi DAY, MONTH dan YEAR menghasilkan nilai numerik dari tanggal, bulan dan tahun dari data date.
 

4. HOUR, MINUTE, SECOND
Fungsi HOUR,MINUTE dan SECOND akan menghasilkan nilai numerik dari jam, menit dan detik dari data date. Berikut ini adalah contoh penggunaan dari fungsi-fungsi tersebut :



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment