-->

Penggunaan fitur expression builder dalam penerapan function di DBMS Microsoft Access.

Sebagaimana telah dibahas pada kegiatan belajar sebelumnya , pada DBMS Microsoft Access tersedia fitur yang memudahkan penggunaan fungsi  - fungsi built-in di dalam query, yaitu Expression Builder.  Untuk menggunakan expression builder pada peneraparan fungsi, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Gunakan fitur Query Design pada waktu membuat query. 
2. Tampilkan salah satu tabel di dalam area desain query, misalkan tabel siswa.
3. Tentukan kolom – kolom yang ingin ditampilkan, misalan NIS dan nama
4. Diasumsikan bahwa pada kolom ke-tiga akan diterapkan fungsi untuk menampilkan tahun kelahiran dan kolom ke-empat menampilkan umur dari siswa menggunakan fungsi (DATE FUNCTION), maka klik kanan pada baris Field di kolom ketiga => pilih menu command Built, seperti gambar 31. 17 berikut ini  untuk membuka jendela Expression Builder.
 

5. Pada jendela Expression Builder tuliskan kolom baru Tahun_Lahir => pilih fungsi YEAR() pada kategori ekspresi Date/Time => pilih kolom tanggallahir sebagai input dari fungsi YEAR tersebut, seperti gambar no. 31. 18 berikut ini:



6. Dengan cara yang sama dengan langkah no.5 (tanpa mengetikkan instruksi fungsinya), buat kolom ke -4 dengan judul kolom Umur dan gunakan expression builder untuk mengambil tahun dari waktu sistem dikurangi dengan tahun dari tanggallahir, seperti gambar berikut ini :



7. Simpan query tersebut dengan nama QryUmurSiswa. Tampilan DataSheet View dari query tersebut tampak seperti gambar berikut :



Dengan menggunakan expression builder dapat diterapkan fungsi –fungsi yang lain, dimanaterdapat kemudahan di dalam pemilihan fungsi yang akan digunakan dengan memilih terlebih dahulu kategori ekspresinya.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment