-->

Penerapan fitur Criteria pada query DBMS Microsoft Access

Pada DBMS Microsoft Access terdapat fitur di dalam obyek query yang berguna untuk menampilkan data sesuai dengan kriteria tertentu yang disebut dengan Criteria. Fitur ini sebenarnya adalah fitur visual untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan klausa WHERE pada SQL tanpa menuliskan instruksinya.

Berikut ini adalah contoh langkah – langkah dalam menggunakan fitur Criteria : 
1. Buat query dengan menggunakan fitur Query Design.
2. Tampilkan tabel siswa di dalam area desain query
3. Pilih semua atau beberapa kolom yang ingin ditampilkan 
4. Pada baris Criteria, tuliskan kriteria penyaringan data di kolom tertentu, misalkan query yang dibuat ingin menampilkan data siswa yang mengandung nama ‘Ali’, maka yang harus dituliskan di dalam baris Criteria pada kolom nama adalah LIKE ‘Ali*’. Tampilan berikut ini adalah contoh penggunaan fitur Criteria.

 
5. Jalankan query tersebut dengan menekan tombol Run ( ),sehingga akan tampil hasil dari query. 6. Simpan query yang sudah dibuat. Apabila query tersebut dibuka pada mode SQL View, maka akan ditampilkan instruksi SQL hasil dari penggunaan fitur Criteria tersebut. Berikut ini adalah contoh tampilan instruksi SQL beserta dengan penjelasannya.

Penjelasan : Dalam instruksi tersebut terlihat bahwa setiap menyebutkan nama kolom maka selalu disertai dengan nama tabel terlebih dahulu, misalkan SISWA.NIS, SISWA.NAMA dan sebagainya. Hal ini adalah format penulisan SQL yang standar di semua jenis DBMS. Akan tetapi di dalam penerapannya,apabila instruksi SQL tersebut hanya melibatkan 1 buah tabel, sebenarnya tidak perlu menuliskan nama tabelnya untuk mengakses kolom pada tabel tersebut. Penyebutan nama_tabel.nama_kolom akan terlihat pengaruhnya apabila diberlakukan pada instruksi SELECT yang melibatkan lebih dari 1 tabel (join table).



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment