Toe Dan Sudut Belok
Toe – In ( Toe Positif )
Toe-Out ( Toe-Negatif )
Fungsi Toe
Sebagai Koreksi Camber ( Saat Jalan Lurus )Reaksi rolling camber menyebabkan roda menggelinding ke arah luar oleh sambungan kemudi roda dipaksa bergerak lurus ke arah jalannya kendaraan. Akibatnya roda menggelinding dengan ban menggosok pada permukaan jalan
Reaksi toe-in mengakibatkan roda menggelinding ke arah dalam, sehingga efek rolling camber ke arah luar dapat diatasi sehingga roda dapat menggelinding lurus tanpa terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, sehingga dapat :
Menghemat ban / keausan ban merata
Pengemudian stabil / tidak timbul getaran
Sebagai Koreksi Gaya Penggerak
Ukuran Toe
Sudut Belok
Sudut belok adalah sudut roda untuk membelokkan kendaraan, dalam hal ini dilayani oleh sistem sambungan kemudiAda berapa permasalahan pada konstruksi sistem sambungan kemudi :
Kemudi Lengan Paralel
Dengan sudut belok yang sama tidak didapatkan titik pusat lingkaran belok yang terpusat akibatnya terjadi gesekan antara ban dengan permukaan jalan
Kemudi Lengan Trapesium
Dengan prinsip Acherman Janteau didapatkan titik pusat lingkaran belok semua roda yang terpusat sehingga kendaraan dapat membelok dengan baik tanpa menimbulkan gesekan antara ban dengan permukaan jalan. Konstruksi ini digunakan pada setiap kendaraan
Contoh Perbedaan Sudut Belok ( Lengan Trapesium )
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment