Pengertian dan Fungsi Geometri Roda
Camber
Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraanCamber Positif ( + )
Bagian atas miring keluar jika dilihat dari depan kendaraan, sehingga garis vertikal dengan garis tengah roda membentuk ( sudut camber “ + “ )
Camber negatif ( - )
Bagian roda miring ke dalam jika dilihat dari depan kendaraan , sehingga garis vertikal dengan garis tengah roda membentuk ( sudut “ - “ )
Fungsi Camber
Perpanjangan garis tengah roda akan bertemu pada permukaan jalan “0” sehingga roda akan cenderung menggelinding mengelilingi titik “0” ( rolling camber )
Dengan adanya rolling camber, gaya untuk memutar kemudi menjadi lebih ringan. Camber positif menyebabkan pengemudian menjadi ringan
Penggunaan : Hampir semua jenis kendaraan
Letak Beban Pada Spindel
Perbedaan Sudut Camber
Yang dimaksud perbedaan sudut camber adalah perbedaan sudut camber kiri dan kanan. Perbedaan sudut camber yang diijinkan biasanya 30 menit .Rolling camber roda kiri menarik lebih kuat sehingga kendaraan berjalan cenderung ke arah kiri
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment