-->

Toe Dan Sudut Belok



Toe – In ( Toe Positif )

 


Toe-Out ( Toe-Negatif )


Fungsi Toe

Sebagai Koreksi Camber ( Saat Jalan Lurus )


Reaksi rolling camber menyebabkan roda menggelinding ke arah luar oleh sambungan kemudi roda dipaksa bergerak lurus ke arah jalannya kendaraan. Akibatnya roda menggelinding dengan ban menggosok pada permukaan jalan
 
Reaksi toe-in mengakibatkan roda menggelinding ke arah dalam, sehingga efek rolling camber ke arah luar dapat diatasi sehingga roda dapat menggelinding lurus tanpa terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, sehingga dapat  :
 Menghemat ban / keausan ban merata
 Pengemudian stabil / tidak timbul getaran

Sebagai Koreksi Gaya Penggerak

 

   


Ukuran Toe

 


 

Sudut Belok

Sudut belok adalah sudut roda untuk membelokkan kendaraan, dalam hal ini dilayani oleh sistem sambungan kemudi

Ada berapa permasalahan pada konstruksi sistem sambungan kemudi :


Kemudi Lengan Paralel


Dengan sudut belok yang sama tidak didapatkan titik pusat lingkaran belok yang terpusat akibatnya terjadi gesekan antara ban dengan permukaan jalan

Kemudi Lengan Trapesium

 
Dengan prinsip Acherman Janteau didapatkan titik pusat lingkaran belok semua roda yang terpusat sehingga kendaraan dapat membelok dengan baik tanpa menimbulkan gesekan antara ban dengan permukaan jalan. Konstruksi ini digunakan pada setiap kendaraan

Contoh Perbedaan Sudut Belok ( Lengan Trapesium )




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment