-->

GEOMETRI RODA

Ukuran luar kendaraan sangat penting sebagai dasar besaran geometri roda kendaraan untuk tujuan kenyamanan, keamanan pengendalian kendaraan.
 
Gambar 6.1. Panjang kendaraan
 
Gambar 6.2. Tinggi kendaraan
 
Gambar 6.3.Lebar kendaraan
 
Gambar 6.4. Jarak sumbu roda (roda depan dengan roda belakang)
 
Gambar 6.5. Jarak roda (roda kanan dengan kiri)
 
Gambar 6.6. Jarak bebas kendaraan antara bagian kendaraan terendah dengan permukaan jalan.
 
Gambar 6.7. Sudut bebas kendaraan
 
Gambar 6.8. Sudut bebas depan dan belakang kendaraan
 
Gambar 6.9. Sudutputarmaksimumkendaraan
 
Gambar 6.10. Sikap geometri roda

Sudut-sudut roda terhadap aksis horizontal, vertikal, memanjang, melintang, disebut “Geometri  roda”.
Kedudukan roda pada prinsipnya harus tegaklurus dengan jalan dan lurus dengan arah jalannya kendaraan, hal ini untuk memperoleh jalannya kendaraan dapat dengan lurus, bermanuver dengan stabil. Sehingga biasa memenuhi aspek kenyamanan mengendalikan kendaraan

Pada praktek, geometri roda bisa sedikit berbeda dengan prinsip dasar, karena untuk mencapai :
 Kendaraan dapat berjalan lurus dengan stabil
 Kendaraan dapat bermanufer dengan nyaman
 Roda dapat menggelinding dengan baik tanpa menimbulkan keausan yang besar
 
Geometri roda pada kendaraan adalah sika proda/king-pin terhadap aksis vertical, horizontal memanjang dan melintang yang terdiri dari :

Camber 

Kemiringan roda terhadap aksis vertical dilihat dari depan kendaraan,menyebabkan gaya pengemudian menjadi ringan.
 
Gambar 6.11. Camber

Caster

Kemiringan king-pin terhadap aksis vertical dilihat dari samping kendaraan menyebabkan roda menggelinding lurus dengan stabil sehingga kendaraan dapat jalan lurus dengan stabil walau roda kemudi dilepas
 
Gambar 6.12. Caster

Toe-in 

Sikap roda terhadap aksis memanjang dilihat dari atas kendaraan. Berfungsi sebagai koreksi rolling camber saat jalan lurus sehingga roda dapat menggelinding dengan baik tanpa timbul ban menggosok pada permukaan jalan
 
Gambar 6.13. Toe

Inclinasi King-pin  

Kemiringan sumbu king-pin terhadap aksis vertical dilihat dari depan kendaraan sehingga roda kembali kesikap lurus setelah dibelokkan
 
Gambar 6.14. Inklinasi king-pin



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment