GEOMETRI RODA
Ukuran luar kendaraan sangat penting sebagai dasar besaran geometri roda kendaraan untuk tujuan kenyamanan, keamanan pengendalian kendaraan.
Gambar 6.1. Panjang kendaraan
Gambar 6.2. Tinggi kendaraan
Gambar 6.3.Lebar kendaraan
Gambar 6.4. Jarak sumbu roda (roda depan dengan roda belakang)
Gambar 6.5. Jarak roda (roda kanan dengan kiri)
Gambar 6.6. Jarak bebas kendaraan antara bagian kendaraan terendah dengan permukaan jalan.
Gambar 6.7. Sudut bebas kendaraan
Gambar 6.8. Sudut bebas depan dan belakang kendaraan
Gambar 6.9. Sudutputarmaksimumkendaraan
Gambar 6.10. Sikap geometri roda
Sudut-sudut roda terhadap aksis horizontal, vertikal, memanjang, melintang, disebut “Geometri roda”.
Kedudukan roda pada prinsipnya harus tegaklurus dengan jalan dan lurus dengan arah jalannya kendaraan, hal ini untuk memperoleh jalannya kendaraan dapat dengan lurus, bermanuver dengan stabil. Sehingga biasa memenuhi aspek kenyamanan mengendalikan kendaraan
Pada praktek, geometri roda bisa sedikit berbeda dengan prinsip dasar, karena untuk mencapai :
Kendaraan dapat berjalan lurus dengan stabil
Kendaraan dapat bermanufer dengan nyaman
Roda dapat menggelinding dengan baik tanpa menimbulkan keausan yang besar
Geometri roda pada kendaraan adalah sika proda/king-pin terhadap aksis vertical, horizontal memanjang dan melintang yang terdiri dari :
Camber
Kemiringan roda terhadap aksis vertical dilihat dari depan kendaraan,menyebabkan gaya pengemudian menjadi ringan.Gambar 6.11. Camber
Caster
Kemiringan king-pin terhadap aksis vertical dilihat dari samping kendaraan menyebabkan roda menggelinding lurus dengan stabil sehingga kendaraan dapat jalan lurus dengan stabil walau roda kemudi dilepasGambar 6.12. Caster
Toe-in
Sikap roda terhadap aksis memanjang dilihat dari atas kendaraan. Berfungsi sebagai koreksi rolling camber saat jalan lurus sehingga roda dapat menggelinding dengan baik tanpa timbul ban menggosok pada permukaan jalanGambar 6.13. Toe
Inclinasi King-pin
Kemiringan sumbu king-pin terhadap aksis vertical dilihat dari depan kendaraan sehingga roda kembali kesikap lurus setelah dibelokkanGambar 6.14. Inklinasi king-pin
0 komentar:
Post a Comment