Peredam Getaran ( Shoc Absorber )
- Goncangaan Tanpa Peredam Getaran
Gambar 5.49. Concangan tanpa peredam getaran
- Goncangan Dengan Peredam Getaran
Gambar 5.50. Goncangan dengan peredam getaran
1. Fungsi Peredam Getaran
Adalah untuk meredam getaran karoseri dan aksel, sehingga jalannya kendaraan dapat memberikan kenyamanan pada penumpang. Energi gerak dari bagian yang bergetar dirubah melalui gerakan menjadi panas
2. Prinsip Kerja Peredam Getaran
Pada saat terjadi pemegasan, peredam getaran menerima beban tekan dan tarik
Gambar 5.51. Prinsip kerja peredam getaran
- Langkah tekan :
- Langkah tarik :
- Kesimpulan :
Peredam Getaran Jenis Dua Pipa ( Twin – Tube Type Shock Absorber )
- Sifat – Sifat :
Dapat timbul gelombang udara ( kavirasi )
Murah
Penggunaan :
Pada kebanyakan mobil sedan dan truk
Peredam Getaran Jenis Satu Pipa / Tekanan Gas ( Mono Tube Type Shock Absorber )
Gambar 5.52. Peredam getaran satu pipa
Sifat – sifat :
Pemindahan panas baik
Tidak timbul kavitasi ( gelembung udara )
Volume oli besar pada ruang kerja
Tekanan gas merapat = 120 bar
Penggunaan :
Mobil – mobil penumpang ( taxi )
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment