-->

Lambung



Lambung, selain merupakan tempat menyimpan sementara makanan, juga merupakan tempat mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi. Dengan adanya otot yang melingkar (sirkular), menyerong (obligus), dan memanjang (longitudinal), makanan dihancurkan, dihaluskan sehingga berbentuk seperti bubur (chymus). Dengan berbagai getah lambung (sakus gastrikus) yang dihasilkan 2-3 liter/hari, zat makanan yang kompleks disederhanakan. Pengeluaran getah lambung ini dipengaruhi oleh banyaknya makanan yang masuk ke dalam lambung. Lambung merupakan organ pencernaan yang terletak di sebelah kiri rongga perut bagian atas dan tepat di bawah diafragma. Lambung memiliki tiga bagian meliputi:
a. kardiak pada bagian awal yang berhubungan dengan kerongkongan;
b. fundus bagian tengah lambung yang membulat penghasil HCl dan musin;
c. pylorus bagian ujung bawah lambung yang berhubungan dengan usus halus, dan usus 12 jari (duodenum) serta menghasilkan cairan alkali. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Gambar 5.6.

Katup kardiak pada lambung terbuka sehingga makanan masuk ke lambung dan menutup untuk mencegah dimuntahkan kembali. Setelah makanan diubah ke dalam bentuk setengah cair (chymus), kemudian menuju usus halus di bawah kontrol katup pylorus. Kedua katup pada lambung tersusun atas otot melingkar yang disebut otot sphincter. Otot ini akan mengendur jika terkena asam dan mengerut jika terkena basa. Hal ini bertolak belakang dengan otot pylorus yang terdapat di pangkal usus halus sehingga terjadi pengaturan pengeluaran makanan dari lambung ke usus halus.
Pada dinding lambung terdapat kelenjar yang menghasilkan getah lambung (sekret) yang mengandung:
1. Hormon gastrin, berfungsi untuk merangsang pengeluaran getah lambung.

2. Asam lambung (HCl), berfungsi mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin yang dapat memecah  protein menjadi peptone, membunuh kuman-kuman dalam makanan karena pH 1,0 – 1,5 menyebabkan situasi lambung asam.
 





3. Enzim Renin, berfungsi menggumpalkan protein susu (kasein).





4. Enzim lipase, berfungsi untuk menguraikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment