-->

Jaringan Ikat sebenarnya

Jaringan ini terdapat di seluruh bagian tubuh, di bawah kulit meng– hubungkan berbagai organ dan mengisi ruang antarjaringan yang berdekatan. Berdasarkan susunannya, jaringan ikat dibedakan atas jaringan ikat longgar, jaringan ikat padat, dan jaringan lemak (jaringan adiposum). Jaringan ikat longgar terdiri atas matriks (substansi dasar) yang mengandung macam-macam sel dan serabut, seperti tampak pada Gambar 2.19. Di dalam matriks terdapat 4 macam sel, yaitu fibroblas yang menghasilkan serabut kolagen, serabut elastis, dan matriks, sel cagak (mast cell) penghasil heparin (antipembekuan), sel lemak yang menimbun lemak, dan makrofag (sel ameboid yang memakan partikel asing), hal ini penting untuk melindungi tubuh dari bibit penyakit. Selain itu, dalam matriks juga terdapat dua macam serabut, yaitu serabut kolagen berupa berkas serabut yang fleksibel, tetapi tidak elastis dan serabut elastis yang fleksibel dan elastis. Serabut ini membentuk semacam jaring pada matriks. Fungsi jaringan ini menghubungkan berbagai jaringan, misalnya kulit dengan struktur di bawahnya.
Jaringan ikat padat dibedakan antara jaringan ikat kolagen dan jaringan ikat elastis. Tendon yang melekatkan otot pada tulang merupakan contoh jaringan ikat kolagen, matriksnya mengandung berkas serabut kolagen yang padat, contoh lain aponeurosis. Pada jaringan ikat elastis matriks hanya mengandung serabut elastis, jaringan ini terdapat pada ligamen yang mengikat tulang-tulang dalam persendian, paru-paru, dinding trakea, pita suara. Jaringan lemak (adiposum) dalam matriks hanya  sel-sel lemak, penting untuk menyimpan lemak cadangan. Pada kulit, adiposum berfungsi untuk mencegah kehilangan panas. Berbagai organ lunak, seperti jantung dan ginjal dikelilingi jaringan lemak sebagai pelindung.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment