-->

Golongan Darah

Mengetahui golongan darah seseorang mempunyai arti penting terutama jika harus melakukan transfusi. Darah yang diberikan harus sesuai dengan golongan darah penerima karena darah manusia tidak semuanya sama. Sekarang telah ditemukan sistem penggolongan darah.

a. Sistem A - B - O
Pada tahun 1901, Dr. Karl Landsteiner dan Donath menemukan penyebab plasma darah seseorang mampu menggumpalkan eritrosit orang lain. Landsteiner menemukan senyawa dalam eritrosit dan memberi nama aglutinogen A dan B. Eritrosit seseorang ada yang mengandung aglutinogen A, ada yang mengandung aglutinogen B, atau mengandung keduanya, bahkan ada yang tidak memiliki kedua aglutinogen tersebut. Kekeliruan pada tranfusi darah menimbulkan akibat fatal karena di dalam plasma darah resipien yaitu orang yang menerima transfusi darah, terbentuk aglutinin. Aglutinin adalah zat antibodi yang akan menggumpalkan antimorgen donor (pemberi), dan pada akhirnya gumpalan itu akan menyumbat pembuluh darah yang berakibat fatal. Atas dasar ini, Landsteiner membagi darah manusia menjadi empat golongan, yaitu:
1) Golongan A memiliki aglutinogen A dan aglutinin β.
2) Golongan B memiliki aglutinogen B dan  aglutinin α.
3) Golongan AB memiliki aglutinogen AB dan aglutinogen tidak memiliki aglutinin.
4) Golongan O tidak memiliki aglutinogen, tetapi memiliki agutinin α dan β.



b. Tranfusi Darah Apabila karena sesuatu hal (luka parah, operasi atau melahirkan) seseorang kehilangan darah terlalu banyak, untuk menolongnya diberikan tambahan darah. Peristiwa ini disebut tranfusi darah, orang yang memberi disebut donor dan yang menerima disebut resipien. Pada tranfusi darah golongan darah donor harus sama dengan resipien, tetapi dalam keadaan darurat dapat dilakukan dengan memerhatikan aglutinogen dan aglutininnya. Jika aglutinogen donor tidak digumpalkan aglutinogen resipien, transfusi darah dapat dilakukan.


c. Sistem Rhesus
Sistem penggolongan darah yang lain adalah berdasarkan faktor Rhesus. Sistem rhesus ditemukan oleh Lionel dan Weiner pada tahun 1940 dengan menyuntikkan darah kera Macacus rhesus ke tubuh kelinci, ternyata darah kera tersebut digumpalkan oleh aglutinin yang dihasilkan plasma darah kelinci. Aglutinin yang berasal dari kelinci itu juga menggumpalkan darah manusia walaupun tidak pada semua orang. Orang yang darahnya dapat digumpalkan oleh aglutinin dari kelinci dikelompokkan sebagai golongan Rhesus positif (Rh+), sedangkan yang darahnya tidak dapat digumpalkan oleh aglutinin kelinci tadi dikelompokkan ke dalam Rhesus negatif (Rh–). Secara singkat dapat diterangkan:
1) Golongan darah Rh+, dalam eritrositnya mengandung antigen Rhesus, pada plasmanya tidak dibentuk antibodi terhadap antigen Rhesus.
2) Golongan darah Rh– , dalam eritrositnya tidak ada antigen Rhesus, pada plasmanya dapat dibentuk antibodi terhadap antigen Rhesus. Golongan darah Rhesus negatif banyak dimiliki oleh orang Eropa  ± 85% dari jumlah penduduk, sedangkan orang Asia terutama Indonesia golongan Rhesus negatif hanya ± 0,013%.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment