-->

Pencatatan Perolehan Surat Berharga (Obligasi)


Investasi dalam obligasi dimulai saat pembelian dan diakhiri saat penjualan. Prosedur pembeliannya sama seperti saham. Perhitungan saat pembelian dan penjualannya pun sama seperti pada saham. Tetapi ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam obligasi, yaitu tanggal kupon dan bunga berjalan. Tanggal kupon adalah tanggal penerimaan bunga obligasi, sedangkan bunga berjalan adalah bunga yang harus diterima atau dibayarkan, karena pembelian atau penjualan terjadi diantara tanggal kupon.
Pencatatan bunga berjalan ini dapat dilakukan sebagai berikut:


I. Metode harta
Dalam metode ini pembayaran bunga berjalan pada saat pembelian obligasi akan dicatat dalam rekening piutang bunga, dengan jurnal sebagai berikut:

II. Metode laba rugi/ income statement approach
Dalam metode ini pembayaran bunga berjalan pada saat pembelian obligasi akan dicatat dalam rekening pendapatan bunga, dengan jurnal berikut:
Pada saat obligasi dijual, si penjual akan menerima sebesar harga jual bersih, juga akan menerima bungan berjalan dari obligasi yang dijual.
Selisih harga jual bersih dengan harga perolehan obligasi akan diperoleh laba atau rugi penjualan obligasi, jurnal yang dibuat adalah sebagai berikut:




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment