-->

Pengertian, Sifat, Pencatatan Perolehan Surat Berharga (Saham), Penerimaan Deviden


Menurut Soemarso SR dalam bukunya Akunansi Suatu Pengantar, Surat Berharga dapat berbentuk saham, obligasi dan surat berharga lain yang dimiliki perusahaan dalam rangka penanaman sementara untuk memanfaatkan dana selama tidak digunakan. Untuk dapat diklasifikasikan sebagai penanaman sementara, surat berharga harus mempunyai sifat sebagai berikut:
Sifat Investasi Sementara (jangka pendek)
Suatu surat berharga (saham & obligasi) dapat dikatakan sebagai suatu investasi jangka pendek (sementara) bilamana mempunyai kriteria sebagai berikut:
a. Mempunyai pangsa pasar yang stabil, sehingga mudah diperjual belikan.
b. Pemiliknya bertujuan untuk dijual kembali dalam waktu cepat, bilamana terjadi kebutuhan akan dana untuk kegiatan operasional perusahaan.
c. Akibatnya pemilikan surat berharga tadi bukan bertujuan untuk menguasai perusahaan lain.

  • Pencatatan Perolehan Surat Berharga (Saham)
Investasi dalam saham dimulai saat pembelian dan akhiri saat penjualan. Dalam pembelian saham untuk menghitung harga perolehan adalah:

Lembar saham x nilai nominal x % kurs + biaya pembelian = harga perolehan atau
Lembar saham x harga kurs + biaya pembelian = harga perolehan
Biaya pembelian biasanya dapat berupa biaya komisi, biaya produksi atau biaya materai.

Pada saat saham tadi dijual kembali, yang harus diperhatikan adalah harga perolehannya/ harga belinya, apalagi bilamana pembelian terjadi lebih dari satu kali, maka pada saat penjualan dapat digunakan metode berikut: 
a. Metode Identifikasi Fisik
b. Metode FIFO
c. Metode LIFO
d. Metode Average

Selain itu pada saat penjualan harus dihitung harga jual dan dibandingkan dengan harga perolehan sehingga akan dapat diketahui berapa besarnya laba atau rugi. Harga jual dihitung: lembar x nilai nominal x % kurs jual – biaya penjualan = harga jual atau Lembar x harga kurs jual – biaya penjualan = harga jual, selanjutnya baru dibandingkan antara harga jual : harga perolehan = laba/rugi penjualan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment