-->

Model Pendugaan Volume

1. Teori pendekatan model
Berdasarkan pendekatan bentuk batang (dari pangkal sampai ujung) terhadap benda-benda putar (neiloid, silindris, paraboloid dan paraboloid cone), maka untuk perhitungannya didekati dengan dua cara yaitu :
 volume merupakan fungsi dari diameter dan tinggi secara matametika (persamaan regresi).
 memperhatikan grafik bentuk batang dari pangkal sampai ujung melalui intergrasi persamaan taper.

(1) Persamaan regresi Memperhatikan :
 Hubungan dua sifat dalam suatu persamaan regresi volume pohon dinyatakan sebagai fungsi dari diameter (Dsd) dan tinggi (T) V = f (Dsd;T)
 Keeratan hubungan antara diameter dengan tinggi, maka volume diduga hanya berdasarkan diameternya dan dinyatakan sebagai fungsi :  V = f (Dsd).
Beberapa model persamaan regresi dikembangkan untuk menduga volume disajikan pada Lampiran 5-2.

(2) Persamaan taper
Taper diartikan sebagai suatu bentuk benda yang meruncing. Taper pada pohon diartikan sebagai pengurangan atau makin mengecilnya diameter batang dari pangkal hingga ke ujung.
Persamaan taper merupakan persamaan hasil dari jabaran bentuk batang dari pangkal sampai ujung yang tersusun ke dalam bentuk gambar berupa grafik. Jadi persamaan ini hanya dapat menduga volume batang saja. Pengertian ini diilustrasikan seperti Gambar 24.

 Hubungan diameter (D1, D2, D3, ..., Dn) di sepanjang batang dengan Dsd, tinggi tertentu (T) dan ketinggian (t1, t2, t3, ..., tn) dari diameter yang bersangkutan dan secara matematis dinyatakan sebagai Dn = f (Dsd, T, tn). Ingat! Hubungan ketinggian dengan diameter sebagai dasar penyusunan model taper.

 Hubungan ketinggian dengan diameter sebagai dasar penyusunan model taper.

Beberapa model persamaan taper (setelah pengolahan integral) antara lain :
2. Keabsahan model Untuk mengetahui tingkat ketelitian model dugaan didasarkan pada besaran nilai sebagai berikut




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment