-->

Kusen Bentuk

(1) Pengertian kusen bentuk Kusen bentuk merupakan perbandingan antara dua diameter batang yang diukur pada ketinggian yang berbeda dari bidang datar. Dari batasan ini secara umum rumusan kusen bentuk dinotasikan sebagai :

Letak diameter yang diukur pada ketinggian tertentu yang biasa digunakan adalah pada pertengahan tinggi batang atau 0,5.T. Sehingga rumusan di atas dapat pula dinotasikan sebagai :
Contoh!
Pohon yang akan diukur setinggi 18 meter dan pengukuran diameter dilakukan setinggi dada adalah 1,30 meter. Maka nilai

(2) Perkembangan kusen bentuk
Dalam perkembangannya beberapa kusen bentuk yang dikenal yaitu kusen bentuk absolut, kusen bentuk asli, kusen bentuk GIRARD dan kelas bentuk.

a. Kusen bentuk absolut Pengertian kusen bentuk ini dengan batasan bahwa diameter tinggi tertentu dibandingkan dengan diameter setinggi dada. Batasan ini dapat dirumuskan sebagai :


b. Kusen bentuk asli
Kusen bentuk asli ini digunakan pada penyusunan tabel tegakan hutan Jati di Indonesia. Caranya dengan membagi batang menjadi 5 bagian sama panjang sehingga diperoleh ketinggian 0,1; 0,3; 0,5; 0,7; 0,9 terhadap tinggi total. Selanjutnya, bagaimana cara menghitung diameternya? Perhitungan diameter dilakukan dengan mengukur diameter termasuk kulit.

c. Kusen bentuk GIRARD
Umumnya digunakan di Amerika Serikat. Namun, di Swedia juga digunakan pada hutan pinus dengan diameter setinggi 2,30 m dibandingkan dengan Dsd (1,30 m). Sedangkan di Thailand digunakan pada hutan alam Jati dengan diameter setinggi 5,50 m dibandingkan dengan Dsd.

Rumusannya adalah :
d. Kelas bentuk
Kelas bentuk ini dikenal juga sebagai Kusen Diameter.  Rumusannya adalah :





Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment