-->

SAMPLING PEKERJAAN


Pada pengantar bagian E ini telah dikemukakan berbagai cara menetapkan waktu baku dimana terdapat diantaranya sampling pekerjaan. cara ini, bersama-sama dengan pengukuran waktu jam henti, merupakan cara langsung karena dilakukan dengan melakukan pengukuran secara langsung ditempat bcrjalannya pekerjaan. Bedanya dengan cara jam henti adalah bahwa pada cara sampling pekerjaan pengamat tidak tents menerus berada di tempat pekerjaan melainkan mengarnatinya (ditempat pekerjaan) hanya sesaat-sesaat pada waktu-waktu yang ditentukan secara acak.
Pada awalnya cara ini dixembartgkan di Inggris oleh seorang yang bernama L.H.C. Tippet di pabrik-pabrik tekstil di Inggris, tetapi karena berbagai kegunaannya cara ini kemudian dipakai di negara-negara lain secara lebih luas. Dan namanya dapat diduga bahwa cara ini menggunakan prinsip-prinsip sampling dari ihnu statistik. Cara jam henti sebenarnya juga menggunakan ilmu statistik (dan juga sampling), tetapi pada sampling pekerjaan hal ini tampak lebih nyata.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment