-->

BERBAGAI KEGUNAAN SAMPLING PEKERJAAN.


Karena cara bekerjanya seperti yang telah dikemukakan diatas, sampling pekerjaan mempunyai beberapa kegunaan lain dibidang produksi sampling untuk menghitung waktu peny elesaian, Kegunaan-kegunaan tersebut adalah:

a. Untuk mengetahui distri usi pcmakaian waktu sepanjang waktu kerja oleh pekerja atau kelompok pekerja.
b. Untuk mengetaltui tingkat pemanfaatan mesin-mesin atau alat-alat di pabrik.
c. Untuk mcnentukan waktu baku bagi peketja-pekerja tak langsung.
d. Untuk memperkirakan kelonggaran bagi suatu pekerjaan.

Distribusi pemakaian waktu pekerja atau kelompok pekerja dan tingkat pemanfaatan mesin-mesin atau alat-alat secara mudah ciiketahui dengan inempelajari frekwensi setiap kegiatan atau pemakaian dari catatan pengamatan setiap melakukan kunjungan. Kegunaan-kegunaan sampling pekerjaan yang dikemukakan ini tampak schagai kelebihan cara ini dibandingkan cara jam henti. Memang kecuali dengan melakukan pengukuran tak henti-henti sepanjang hari, cara jam henti tidak dapat melakukan hal-hal diatas; bahkan dengan jam henti sama sekali tidak dapat dilakukan pengamatan terhadap beberapa pekerjaan sckaligns, yang pada sampling pekerjaan dengan mudah dijalankan, yaitu dengan cara nTelakukan pengamatan ke beberapa pekerjaan disetiap kunjungan. Begitu pula dengan pekerja-pekerja tak langsung yang tidak mudah diukur dengan jam henti karena "tidak menentunya" kegiatan mereka.
Kemampuan sampling pekerjaan meinperkirakan kelonggaran merupakan hal penting lain yang patut dicatat. Untuk kegunaan yang- sate ini akan dibicarakan lebih banyak pada pasal X.7 nanti.
Tentang lamanya pengamatan, ternyata pada umumnya eara sampling pekerjaan membutuhkan waktu yang lebih lama bahkan tidak jarang lebih lama dari pada eara jam henti. Mrsalkan saja jika tingkat-tingkat ketelitian dan keyakinan yang diinginkan herturut-turut 5% dan 95%. Maka untuk suatu kegiatan yang .mengliabiskan waktu 20% dari seluruh waktu yang tersediakan diperlukan 6400 kali kunjungan. Ini herarti memakan waktu 183 hari jika + 5 kali kunjungan dilakukan setiap jam disetiap hart yang mempunyai 7 jam kerja. Dengan kata lain, jika yang hendak diukur waktu bakunya hanya satu pekerjaan saja, cara sampling pekeijaan sering kali terlalu mahal: Memang dalam keadaan demikian cara jam henti dapat memberikan basil yang sama kwalitasnya dalam waktu yang jauh lebih cepat dan tentunya biaya lebih murah.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment