-->

Bentuk bentuk kepala rivet dan dimensinya

Bentuk kepala rivet sangat berpengaruh besar terhadap kekuatan komponen maupun letak komponen. Maka dari itu perancangan sebuah aircraft construction harus teliti dalam memilih rivet. Tipe kepala apa yang akan dipasang di tempat tersebut. Contohnya, untuk tempat rangka yang memerlukan kekuatan maksimal penggabungan, dipilih round heat rivet. Sedangkan pada skin pesawat berkecepatan tinggi seperti pesawat tempur, dipasang countersing head rivet. Supaya tidak ada hambatan ( drug ) oleh kepala rivet. Pada umumnya bentuk kepala rivet ada 5 macam.

a. Round head rivet
Round head rivet, mempunyai kepala yang lebih besar dibanding type kepala rivet yang lainnya. Pemakaian round head rivet pada aircraft construction pada bagian dalam ( ekterior ). Didasarkan pada pertimbangan gaya yang terjadi disamping beban geser, yang utama beban tarik searah sumbu rivet. Sehingga diperlukan kepala rivet yang kokoh menahan beban tarik. Maka akan dipilih round head rivet.

b. Universal head rivet

Universal head rivet adalah sebagai pengganti rounhead rivet dan flat head rivet. Kalau dilihat dari type kepalanya, menyerupai round head rivet. Tetapi lebih tipis dibandingkan dengan round head rivet.Dengan pertimbangan, rata-rata pada aircraft construction beban yang terjadi kebanyakan adalah tegangan geser ( shear ).

c. Countersunk head rivet


Courteshunk head rivet mempunyai kepala seperti gambar. Sudut kemiringannya pun bermacam-macam. Mulai dari 60º sampai dengan 140º. Para perancang sudah mengkaji sedetil mungkin kekuatan yang diberikan tarik yang diberikan oleh rivet 60º sampai dengan 140º, dan dipasang pada lokasi mana rivet tersebut dipasang sesuai dengan kekuatan yang dibutuhkan komponen tersebut.
Rivet ini mempunyai kepala yang rata dengan komponen pada pemasangannya. Pemasangannya ada dengan jalan di countersing dan ada juga yang didimpling. Hal ini tergantung kepada ketebalan bahan yang akan di rakit. Dengan pemasangan rivet countersing pada skin yang datar dengan permukaan skin, akan membuat aliran udara lancar ( smooth ) sewaktu melewati skin tersebut. Penggunaan rivet ini pada skin terutama pada pesawat terbang berkecepatan tinggi pada exterior sub assy.

d. Brazier Head Rivet

 

Brazier head rivet bentuknya hampir sama dengan universal head rivet. Yang membedakan adalah ketebalan dari rivet head nya. Rivet ini lebih tipis dianding dengan universal head rivet, apalagi kalam dibanding dengan roun head rivet. 

Pemasangan rivet ini untuk daerah daerah yang suli atau mennganggu komponen yang lain kalau dipasang universal head rivet contohnya.


e. Flat Head Rivet
 
Flat head rivet mempunyai kepada yang datar, tapi punya ketebalan. Rivet ini dirancang untuk pemasangannya sama dengan brazier head rivet, yakni didaerah
lokasi yang sempit. Flat head rivet dipasang karena membutuhkan kekuatan tarik yang kuat.







Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment